susanto, ilham arya (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEOSCRIBE UNTUK SISWA KELAS IV SD/MI PADA TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU. S2 thesis, Universitas Jambi.
Text
ilham arya susanto.pdf Restricted to Repository staff only Download (209kB) |
|
Text
COVER ILHAM11.pdf Download (93kB) |
|
Text
pengesahan.pdf Download (166kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (88kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (92kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang dihadapi oleh guru dan siswa SDN 47 Kota Jambi ketika pembelajaran daring dilakukan, penggunaan media digital adalah sesuatu yang cukup asing bagi mereka namun karena tuntutan keadaan hal ini sudah menjadi suatu keharusan. Tujuan penelitian ini adalah; 1) Mengembangkan produk berupa media pembelajaran Videoscribe yang dapat diterapkan sebagai media pembelajaran di kelas IV SD/MI. 2) Mengetahui persepsi siswa dan persepsi guru terhadap media pembelajaran Videoscribe pada pelajaran tema Indahnya Keragaman Di Negeriku Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan model Borg and Gall modifikasi Sugiyono. Proses pengembangan produk ada sepuluh tahapan yakni; Potensi dan masalah, Pengumpulan data, Desain produk, Validasi desain, Revisi desain, Uji coba produk, Revisi produk, Uji coba pemakaian, Revisi produk dan Produksi masal. Penelitian pengembangan ini dilakukan sampai tahap kedelapan yaitu pada tahap uji coba pemakaian. Revisi produk dan produksi masal dapat dilakukan pada penelitian pengembangan selanjutnya. Validasi dilakukan kepada Ahli Media dan Ahli Bahasa untuk mengetahui kevalidan produk. Hasil validasi media memperoleh skor >80% (sangat valid) dan hasil validasi bahasa memperoleh skor >75% (valid). Persepsi guru dan siswa setelah penerapan produk juga memperoleh skor respon yang baik. Persepsi guru 74,7% (baik) dan 82,7% (sangat baik) pada uji kelompok kecil dan kelompok besar. Sedangkan persepsi siswa memperoleh skor 84,5% (sangat baik) dan 91,3% (sangat baik) pada uji kelompok kecil dan kelompok besar. Dari ke dua hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Videoscribe adalah Valid dan dapat dijadikan sebagai pelengkap buku tematik kelas IV SD pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku. Kata kuci: penelitian pengembangan, media pembelajaran, videoscribe.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | ILHAM ARYA SUSANTO |
Date Deposited: | 18 Jun 2021 07:11 |
Last Modified: | 18 Jun 2021 07:11 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/20453 |
Actions (login required)
View Item |