Siahaan, Ayudiah (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI GERAK HARMONIS SEDERHANA BERBENTUK FOUR TIER. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (309kB) |
![]() |
Text
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (447kB) |
![]() |
Text
BAB 5 SIMPULAN, IMPLIKASI DAN SARAN.pdf Download (206kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (247kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (494kB) |
![]() |
Text
AYUDIAH A SIAHAAN (A1C317046) SKRIPSI 31 MEI 2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Fisika adalah salah satu ilmu pengetahuan alam yang memiliki konsep kongkrit dan abstrak yang dapat dialami dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa disadari siswa sering mengalami miskonsepsi karena konsepsi yang dipahami tidak sesuai dengan konsepsi ilmuwan. Tidak mudah untuk mengetahui tersebut, sehingga diperlukan alat evaluasi untuk mengidentifikasi miskonsepsi yang dialami siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan sebuah instrumen four tier diagnostic pada materi Gerak Harmonis Sederhana dilihat dari nilai validitas dan reliabilitasnya. Model research and development yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Borg and Gall. Subjek penelitian uji awal lapangan sebanyak 66 orang dari SMAN 8 Kota Jambi dan uji akhir lapangan 86 siswa SMAN Titian Teras H.Abdurrahman Sayoeti. Pengumpulan data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif menggunakan lembar validasi ahli materi dan instrumen four tier diagnostic test. Teknik analisis data kualitatif yaitu lembar validasi ahli materi. Teknik analisis data kuantitatif yaitu uji validitas dan reliabilitas. Hasil uji validitas oleh validator diperoleh nilai validitas 94% dengan kategori sangat baik, uji validitas instrumen dengan Pearson Product Moment diperoleh seluruh item soal valid dan uji reliabilitas dengan Croncbach’s Alpha diperoleh nilai reliabilitas sebesar 0,852302 kategori tinggi. Dapat disimpulkan bahwa soal yang berjumlah 14 item valid dan reliabel dan dapat digunakan untuk mengidentifikasi miskonsepsi peserta didik. Physics is one of the natural sciences that has a concrete concept and abstract that can be experienced in everyday life. Unnoticed by students often experience misconceptions because the conception that is understood is not appropriate with the scientific conception. It's not easy to figure that out, so an evaluation tool is needed to identify the misconceptions experienced by students. This study aims to develop and test the feasibility of a four tier diagnostic instrument on Simple Harmonic Motion material seen from value of validity and reliability. The research and development model that used in this study is the Borg and Gall model. Test research subjects the initial field as many as 66 people from SMAN 8 Jambi City and the final test field 86 students of SMAN Titian Teras H.Abdurrahman Sayoeti. Data collection was carried out qualitatively and quantitatively using material expert validation sheet and four tier diagnostic test instrument. Analysis technique qualitative data, namely the material expert validation sheet. Quantitative data analysis techniques namely validity and reliability tests. The results of the validity test by the validator obtained the value of validity 94% with very good category, test the validity of the instrument with Pearson Product Moment obtained all items valid questions and test reliability with Croncbach's Alpha obtained a reliability value of 0.852302 in the high category. It can be concluded that the 14 items are valid and reliable and can be used to identify students' misconceptions.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Four Tier Diagnostic Test, Miskonsepsi, Gerak Harmonis Sederhana. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | SIAHAAN |
Date Deposited: | 17 Jun 2021 04:14 |
Last Modified: | 17 Jun 2021 04:14 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/20468 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |