PENGEMBANGAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN VERBAL LINGUISTIK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

SAVITRI, GISYA (2021) PENGEMBANGAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN VERBAL LINGUISTIK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
COVER.pdf

Download (100kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (134kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (179kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB)

Abstract

ABSTRAK Gisya Savitri. 2021. “Pengembangan Media Teka-Teki Silang Virtual Untuk Meningkatkan Kecerdasan Verbal Linguistik Pada Anak Usia 5-6 Tahun”. Skripsi. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Dr. Drs. Haryanto, M.Kes Pembimbing II Dr. Indryani, S.Pd., M.Pd.I Kata Kunci: Media Teka-Teki Silang Virtual, Kecerdasan Verbal Linguistik Berdasarkan observasi peneliti pada tanggal 8 januari kemudian dilanjutkan dengan kegiatan PLP (Pengenalan Lapangan Persekolahan) di TK Aisyiyah Bustanul Athfal IV Kota Jambi masih terlihat anak belum memiliki kecerdasan verbal linguistik, dari 17 anak peneliti menemukan 10 anak yaitu AD, AL, BC, EF, GA, HU, HAI, IW, JU, KU. Ditambah pada awal tahun 2020 dunia dikejutkan dengan wabah virus Corona (Covid-19) yang menginfeksi seluruh negara di dunia, sehingga adanya anjuran ketat untuk bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah dengan melakukan pembelajaran online atau virtual. Media dalam penelitian ini menurut pendapat Gerlach dan Ely (dalam Arsyad, 2016:3), sedangkan kecerdasan verbal linguistik penelitian ini menurut Gardner (dalam Jamaris, 2017). Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan media teka-teki silang virtual untuk meningkatkan kecerdasan verbal linguistik pada anak usia 5-6 tahun, kelayakan konseptual dan kelayakan prosedural. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui mengembangkan media teka-teki silang virtual serta kelayakkan secara konseptual dan prosedural. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Model yang digunakan dalam pengembangan ini adalah kerangka pengembangan ADDIE. Penelitian ini melibatkan 3 TK Kota Jambi yaitu TK ABA IV, TK Kemala Bhayangkari 29, dan TK Pembina 2. Sampel penelitian ini adalah uji coba pada kelompok kecil TK B usia 5-6 tahun berjumlah 10 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar wawancara, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan hasil, pengembangan media teka-teki silang virtual untuk meningkatkan kecerdasan verbal linguistik pada anak usia 5-6 tahun yang melibatkan responden anak usia 5-6 tahun sebanyak 10 anak, uji coba mendapat respon dengan kategori “Sangat Baik” dengan persentase jawaban keseluruhan responden sebesar 89%. Evaluasi secara keseluruhan terhadap media teka-teki silang menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan baik dan mendapat respon yang sangat baik dari guru dan anak.

Type: Thesis (S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing I Dr. Drs. Haryanto, M.Kes Pembimbing II Dr. Indryani, S.Pd., M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Media Teka-Teki Silang Virtual, Kecerdasan Verbal Linguistik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: GISYA SAVITRI
Date Deposited: 17 Jun 2021 02:58
Last Modified: 17 Jun 2021 02:58
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/20503

Actions (login required)

View Item View Item