Sari, Widya Puspita and Destrinelli, Destrinelli and Sofwan, Muhammad (2021) ADAPTASI TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN MASA PANDEMI COVID-19 DI SD IT ASY SYIFA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
Pengesahan Widya.pdf Download (249kB) |
|
Text
SKRIPSI_WIDYA PUSPITA SARI_A1D117134.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
Persetujuan Widya.pdf Download (160kB) |
|
Text
Bab I Widya.pdf Download (363kB) |
|
Text
BAB 5 Widya.pdf Download (158kB) |
|
Text
Daftar Pustaka Widya.pdf Download (252kB) |
|
Text
Lampiran Widya.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penyebaran Covid-19 memberikan dampak terhadap pendidikan di Indonesia. Dengan ini pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan tentang pelaksanaan pendidikan dalam masa darurat penyebaran Covid-19 yang tentunya membawa wajah baru bagi pendidikan Indonesia. Maka dari itu dengan kondisi seperti sekarang ini guru sangat diharapkan dapat lebih memahami dan menguasai dalam penggunaan teknologi pada masa pandemi Covid-19. Dengan adanya wabah pandemi Covid-19 ini, adaptasi penggunaan teknologi sangat diperlukan dalam pembelajaran. Sebab, dalam kondisi saat ini tidak memungkinkan melakukan belajar secara tatap muka, maka belajar melalui online menjadi pilihan utama meski ada kekurangan dalam pelaksanaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang adaptasi teknologi dalam pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 di SD IT Asy Syifa Jambi. Penelitian ini dilakukan di SD IT Asy Syifa Jambi pada bulan Januari hingga bulan Februari 2021. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah diperoleh data dianalisis secara kualitatif yaitu dengan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dilaksanakan secara daring dengan menggunakan teknologi pembelajaran synchronous dan asynchronous. Teknologi pembelajaran synchronous yang digunakan dalam pembelajaran di SD IT Asy Syifa Jambi yaitu zoom meeting dan WhatsApp. Sedangkan teknologi pembelajaran asynchronous yang digunakan yaitu aplikasi quizizz, dan video pembelajaran. Pemilihan teknologi pembelajaran yang digunakan di SD IT Asy Syifa Jambi tidak terdapat kriteria atau ketentuan khusus dalam pemilihan teknologi yang akan digunakan saat pembelajaran baik secara synchronous ataupun asynchronous, semua tergantung kesepakatan antara guru dan orang tua murid. Penyesuaian teknologi yang digunakan pada proses pembelajaran sudah sesuai dengan apa yang diharapkan oleh guru dan orang tua murid yaitu dengan menggunakan aplikasi zoom meeting dan WhatsApp. Kendala yang dihadapi dalam dilaksanakannya pembelajaran daring menggunakan aplikasi zoom yaitu sinyal atau jaringan yang buruk, suara terputus-putus, terdapat peserta didik yang tidak dapat mengikuti pembelajaran dikarenakan tidak memiliki handphone atau karena handphone digunakan orang tua untuk bekerja. Adapun cara yang dilakukan dalam mengatasi kendala tersebut yaitu guru mengirimkan tugas atau menginformasikan ulang melalui grup kelas. Hasil dari penelitian ini, disarankan agar sekolah dapat mempertahankan dan meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan teknologi pembelajaran terutama pada masa pandemi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | WIDYA PUSPITA SARI |
Date Deposited: | 23 Jun 2021 07:09 |
Last Modified: | 23 Jun 2021 07:09 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/20527 |
Actions (login required)
View Item |