ANALISIS POLA PEMASARAN DAN PENDAPATAN USAHATANI KOPI ARABIKA DI KECAMATAN KAYU ARO

pangestu tampubolon, priyogi (2021) ANALISIS POLA PEMASARAN DAN PENDAPATAN USAHATANI KOPI ARABIKA DI KECAMATAN KAYU ARO. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Skripsi PRIYOGI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL COVER.pdf

Download (83kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (342kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (86kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (117kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (88kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (92kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini ditujukan untuk : 1) mendeksripsikan kegiatan pembinaan petani kopi arabika dengan PT Agrotropic Nusantara di Kecamatan Kayu Aro, 2) mengetahui pola pemasaran hasil usahatani kopi arabika di Kecamatan Kayu Aro, 3) menganalisis komparasi pendapatan usahatani koi arabika yang memasarkan ke PT Agrotropic Nusantara dengan pendapatan usahatani kopi arabika tidak memasarkan ke PT AGTN di Kecamatan Kayu Aro. PT Agrotropic Nusantara (AGTN) merupakan pabrik pengolahan kopi yang berada di Desa Sungai Lintang, Kecamatan Kayu Aro Barat memberikan pemahaman baru mengenai tanaman kopi yang memiliki nilai ekonomis panjang. PT AGTN untuk menjaga kualitas produksi harus memastikan bahan baku yang dipakai juga berkualitas PT AGTN mengajak petani kopi arabika untuk menanam tanaman kopi arabika dan dibina dengan manfaat petani memperoleh harga jual baik dan PT AGTN memperoleh bahan baku berkualitas. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis kuantitatif, analisis pendapatan, analisis uji beda dua rata-rata. Penelitian dilakukan di Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci yang ditentukan secara berdasarkan jumlah sampel terbanyak. Jumlah responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah 67 responden yang terbagi menjadi dua kelompok yaitu 15 petani binaan PT AGTN dan 52 petani non binaan Hasil penelitian dapat diketahui bahwa (1) PT AGTN melakukan kegiatan pembinaan bersama petani kopi arabika terdiri beberaa kegiatan yaitu pembibitan, pendampingan, produksi, dan pemasaran produk, (2) pola pemasaran PT AGTN yaitu pasar Internasional membantu harga jual kepada petani kopi arabika binaan yang baik, sehingga kualitas dan harga sama-sama menguntungkan. Pola pemasaran non PT AGTN berada pada dalam negeri Pola pemasaran non PT AGTN ini melalui pedagang kecil dan tengkulak, yang modal masing-masing ada diberikan pemodal atau modal sendiri, (3) Pendapatan usahatani kopi arabika binaan PT AGTN diperoleh sebesar Rp 91.519.260/Ha/Tahun, sedangkan pendapatan usahatani kopi arabika non binaan diperoleh sebesar Rp 70.805.506/Ha/Tahun. Pendapatan usahatani kopi arabika yang memasarkan ke PT AGTN lebih tinggi daripada pendapatan usahatani kopi arabika tidak memasarkan ke PT AGTN. Kata Kunci : Kopi Arabika, Pembinaan, Pendapatan Usahatani, Komparasi

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: TAMPUBOLON
Date Deposited: 15 Jun 2021 03:02
Last Modified: 15 Jun 2021 03:02
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/20565

Actions (login required)

View Item View Item