Pengaruh Budaya Sekolah terhadap Sikap Nasionalisme Siswa Kelas IX SMP Negeri 11 Kota Jambi

Iryani, Wirda (2021) Pengaruh Budaya Sekolah terhadap Sikap Nasionalisme Siswa Kelas IX SMP Negeri 11 Kota Jambi. S1 thesis, PPKn FKIP.

[img] Text
skripsi_wirda iryani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
cover.pdf

Download (43kB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (353kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (142kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (254kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14kB)

Abstract

ABSTRAK Wirda, Iryani. 2020. Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Sikap Nasionalisme Siswa Kelas IX SMP Negeri 11 Kota Jambi. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Drs. Akmal Sutja, M.Pd (II) Heri Usmanto, S.Pd, M.Pd Kata Kunci: Budaya Sekolah, Sikap Nasionalisme Penelitian ini bertujuan ialah untuk mendeskripsikan apakah terdapat pengaruh budaya sekolah terhadap sikap nasionalisme siswa kelas IX SMP Negeri 11 kota jambi tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 11 Kota Jambi pada Desember 2020. Data penelitian diperoleh dengan cara penyebaran angket kepada siswa (sebagai data utama). Setelah angket dikembalikan, data dianalisis secara kuantitatif dengan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya sekolah berpengaruh terhadap sikap nasionalisme siswa. Budaya sekolah, pada umumnya berada pada kategori tinggi. Hasil analisis ini sesuai dengan indikator yang menunjukkan bahwa budaya sekolah tinggi tetapi tidak belum semuanya mampu memberikan suasana nyaman dan menyenangkan bagi siswa. mengenai sikap nasionalisme siswa diperoleh kecenderungan hasil dalam kategori sangat tinggi. Tinggi rendahnya sikap nasionalisme siswa terjadi karena beberapa faktor dari dalam maupun dari luar. Sehingga untuk menigkatnya sikap nasionalisme siswa tersebut harus ada kesadaran dan dorongan yang mampu membuat siswa siswa untuk mencapai sikap nasionalisme yang bagus. Analisis data yang telah dilakukan diperoleh nilai R= 0,660 %. Hal ini juga ditunjukkan dengan menggunakan model regresi sederhana yang mana variabel (X) budaya sekolah memberi pengaruh positif terhadap variabel (Y) yaitu sikap nasionalisme. Semestara sisanya 0,34% dipengarahi variabel lain. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru hendaknya dapat membantu dalam penerapan budaya sekolah yang baik untuk meningkatkan sikap nasionalisme siswa. Meningkatkan sikap nasionalisme dengan mengkuti budaya sekolah yang baik dalam pembelajaran maupun diluar kelas. Diharapkan kepada pihak sekolah, untuk berusaha menjalan peraturan yang telah diterapkan sehingga dapat meningkatkan sikap nasionalisme.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: WIRDA IRYANI
Date Deposited: 16 Jun 2021 06:33
Last Modified: 16 Jun 2021 06:33
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/20693

Actions (login required)

View Item View Item