Harahap, Anisah Nurhidayah (2021) KANDUNGAN NILAI-NILAI KARAKTER YANG TERDAPAT DALAM BUKU TEMATIK TERPADU KELAS I DAN STRATEGI GURU DALAM MEMBELAJARKANNYA. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (311kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (297kB) |
![]() |
Text
halaman pengesahan.pdf Download (181kB) |
Abstract
ABSTRAK Harahap, Anisah Nurhidayah. 2021. Kandungan Nilai-Nilai Karakter yang Terdapat dalam Buku Tematik Terpadu Kelas I dan Strategi Guru dalam Membelajarkannya. Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar. FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Syahrial, M.Ed., Ph.D., (II) Hendra Budiono, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Nilai-Nilai Karakter, Buku Tematik Terpadu, Strategi Guru Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kandungan nilai-nilai karakter yang terdapat dalam buku tematik terpadu kelas I dengan rumusan masalah: (1) Apa saja kandungan nilai-nilai karakter yang terdapat pada Buku Tematik Terpadu kelas I? (2) Bagaimana strategi guru dalam membelajarkan nilai-nilai karakter yang terdapat pada Buku Tematik Terpadu kelas I? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data yang diperlukan berupa teks deskripsi mengenai kandungan nilai-nilai karakter yang terdapat dalam buku tematik terpadu kelas I dan strategi guru dalam membelajarkannya yang dikumpulkan dengan metode analisis teks pada buku tematik terpadu kelas I dan wawancara dengan sumber data yaitu guru kelas I SD N 76/IX Mendalo Darat. Hasil temuan penelitian yang dikumpulkan dari analisis data menunjukkan bahwa terdapat nilai-nilai karakter yang ditemukan pada buku tematik terpadu kelas I yaitu nilai-nilai karakter religius, jujur, disiplin, toleransi, bersahabat/komunikatif, kreatif, peduli lingkungan, peduli sosial, kerja keras, gemar membaca, cinta tanah air, tanggung jawab, rasa ingin tahu, jujur dan mandiri. Strategi yang digunakan untuk membelajarkan nilai-nilai karakter kepada siswa yaitu dengan membiasakan siswa, pemberian contoh dan pengkondisian lingkungan. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru lebih memahami nilai-nilai karakter yang harus diajarkan kepada siswa. Guru juga harus lebih memahami strategi-strategi yang digunakan untuk membelajarkan nilai-nilai karakter kepada siswa. Guru juga harus membuat strategi yang bervariasi untuk mengajarkan nilai-nilai karakter kepada siswa agar nilai-nilai karakter dapat tertanam dalam diri siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Anisah Nurhidayah Harahap |
Date Deposited: | 17 Jun 2021 01:38 |
Last Modified: | 17 Jun 2021 01:38 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/20733 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |