Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Berdasarkan Teori Kontruktivisme Dalam Pemecahan Masalah Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Di Kelas VIII SMP

Sonia, Khofifah Putri (2021) Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Berdasarkan Teori Kontruktivisme Dalam Pemecahan Masalah Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Di Kelas VIII SMP. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover-Daftar Lampiran.pdf

Download (756kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (431kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (826kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (551kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berfikir kritis berdasarkan teori konstruktivisme saat menyelesaikan soal pemecahan masalah sistem persamaan linear dua variabel. Tujuan penelitian ini untuk untuk mendeskripsikan kemampuan berfikir kritis berdasarkan teori konstruktivisme pada pemecahan masalah materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Dalam penelitian ini kemampuan berpikir kritis berdasarkan teori konstruktivisme akan diungkapkan melalui proses pemecahan masalah SPLDV yang mengikuti langkah-langkah ennis sebagai indikator berfikir kritis yaitu FRISCO dan indikator teori konstruktivisme yaitu kemampuan yang telah dimiliki sebelumnya dan kemampuan untuk memperoleh informasi terkini. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII F SMP Negeri 10 Kota Jambi. Diambil 4 subjeck dari satu kelas yang dikategorikan memiliki kemampuan berfikir kritis dalam penyelesaian soal matematika skala tinggi dan rendah. Adapun teknik penentuan subjeck dalam penelitian ini menggunakan teknik pengambilan purposive sampling. Instumen penelitian ini terdiri dari lembar tes yang menggunakan metode think aloud dan wawancara. Peneliti melakukan pengumpulan data, reduksi data, pemaparan data yang kemudian dianalisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari keempat subjeck tersebut hanya 1 orang subjeck yang memenuhi semua indikator berfikir kritis berdasarkan teori konstruktivisme, 3 lainnya hanya memenuhi beberapa indikator berfikir kritis dan beberapa indikator teori konstruktivisme. Dari ketiga siswa tersebut tidak terbiasa memberikan alasan pada setiap keputusan langkah yang ia ambil, menuliskan unsur diketahui dan ditanya dengan kalimat soal sehingga belum memahami soal dengan baik, tidak teliti dalam menyelesaikan soal, dan kenginan siswa untuk cepat mengumpulkan soal dengan tingkat ketelitian yang rendah.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Khofifah Putri Sonia
Date Deposited: 17 Jun 2021 07:53
Last Modified: 17 Jun 2021 07:53
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/20754

Actions (login required)

View Item View Item