Yesa, Hoti Irma (2021) Strategi guru dalam mengembangkan karakter disiplin siswa sekolah dasar pada masa pandemi covid-19. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
cover.pdf Download (44kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI, tabel, gambar, lampiran.pdf Download (21kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (19kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (12kB) |
![]() |
Text
CamScanner 06-17-2021 11.27.pdf Download (376kB) |
Abstract
ABSTRAK Yesa, Hoti Irma. 2021, “Strategi Guru Dalam Mengembangkan Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. FKIP, Universitas Jambi. Dosen pembimbing (I) Drs. Maryono, M.Pd. (II) Hendra Budiono S.Pd., M.Pd. Kata kunci : Strategi Guru, Karakter Disiplin, Pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi guru dalam mengembangkan karakter disiplin siswa, meliputi metode keteladanan, pembiasaan dan budaya sekolah pada masa covid-19. Penelitian ini dilakukan di SDN 34/I Teratai pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini mendeskripsikan segala bentuk tindakan dan juga fenomena yang dilakukan oleh subjek yang diteliti. Dengan melakukan pengamatan secara langsung dan secara tidak langsung dilapangan. Data penelitian diperoleh melalui proses wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan guru melalui keteladanan adalah dengan menunjukkan perilaku, sikap, dan tenaga kependidikan yang lain dalam memberikan contoh terhadap tindakan-tindakan yang baik sehingga diharapkan menjadi panutan bagi peserta didik untuk mencontohnya. Guru juga menerapkan pembiasaan pada diri siswa lalu mengimplementasikan melalui penekanan terhadap pembelajaran. Oleh karena itu dalam mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang baik peserta didik mampu bersikap dan bertindak berdasarkan nilai-nilai yang telah menjadi kepribadiannya. Pendidikan karakter berfungsi untuk mengembangkan, memperkuat potensi pribadi, dan menyaring pengaruh dari luar yang akhirnya dapat membentuk karakter peserta didik yang dapat mencerminkan budaya bangsa Indonesia. Guru juga memberikan nasihat dan kebiasaan sehari-hari melalui budaya sekolah. Pembinaan dan aturan yang ditetapkan sekolah akan membuat siswa mengetahui hal apa yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan. Dengan adanya aturan atau tata tertib tentunya sekolah memiliki ketertiban, keberhasilan penyelenggaraan program-program sekolah, tercapainya tujuan pendidikan dan keamanan dilingkungan sekolah.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Hoti Irma Yesa |
Date Deposited: | 18 Jun 2021 08:06 |
Last Modified: | 18 Jun 2021 08:06 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/20803 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |