Huzaitun, Huzaitun and Arsil, Arsil and Hariandi, Ahmad (2021) KREATIVITAS GURU DALAM MERANCANG MEDIA PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI DI KELAS III SDN 111/I MUARA BULIAN. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
Skripsi Atun Pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
Persetujuan Atun.pdf Download (38kB) |
|
Text
Pengesahan Atun.pdf Download (164kB) |
|
Text
Bab I Atun.pdf Download (265kB) |
|
Text
BAB V Atun.pdf Download (153kB) |
|
Text
Daftar Pustaka Atun.pdf Download (252kB) |
|
Text
Lampiran aatun.pdf Download (2MB) |
|
Text
abstrak-dikonversi.pdf Download (31kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kreativitas guru dalam merancang media pembelajaran daring pada masa pandemi di kelas III SDN 111/I Muara Bulian. Penelitian ini berupakan penelitian kualitaif dengan dengan jenis penelitian fenomenologi. Penelitian ini dilakukan di SDN 111/I Muara Bulian tahun ajaran semester genap 2020/2021 Data dalam menelitian ini diperoleh melalui observasi, wa-wancara dan dokumentasi. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan model miles and huberman dengan tiga tahap, yaitu reduksi data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa guru kelas III SDN 111/I Muara Bulian telah kreatif dalam pembuat media pembelajaran. Kreativitas seseorang dapat ditinjau dari empat segi, yaitu (1) segi pribadi, guru telah memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, lebih terbuka dalam hal baru dan langsung memcoban-ya. Solutif dalam memecahkan masalah serta memilii motivasi untuk menemukan hal baru, hal ini sesuai dengan ciri-ciri guru kreatif. (2) segi proses, sebelum mem-buat media pembelajaran guru menyiapkan rpp terlebih dahulu, kemudian guru menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan setelah media pembelajaran tersebut dan melakukan evaluasi terhadap media tersebut dan melakukan revisi jika diper-lukan, (3) segi press atau dorongan, guru mendapatkan dorongan dari kepala sekolah untuk menggunakan video pembelajaran sebagai media pembelajaran, (4) segi produk inovasi media pembelajaran yang digunakan oleh guru dibuat oleh guru sendiri dan dapat menyelesaikan permasalahan serta mempermudah penyam-paian materi dalam pembelajaran daring. Dari hasil penelitian ini disimpulkan agar guru dapat mengoptimalkan krea-tivitasnya dari dalam segi produk, dimana tidak hanya menggunakan satu jenis media pembelajaran saja namun juga dapat menggunakan media pembelajaran jenis lain, hal ini dikarenakan setiap siswa memiliki karakteristik dan gaya belajar yang berbeda.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Huzaitun Huzaitun |
Date Deposited: | 23 Jun 2021 07:08 |
Last Modified: | 23 Jun 2021 07:08 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/20912 |
Actions (login required)
View Item |