Maryanti, Anita (2021) Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Cover Judul.pdf Download (32kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (199kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (419kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (192kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (327kB) |
Abstract
ABSTRAK Maryanti, Anita. (2021). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru. Skripsi. Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing Skripsi: (I) Dr. Mohamad Muspawi, S.Pd.I., M.Pd.I. (II) Bradley Setiyadi, S.Pt., M.Pd. Kata Kunci : Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kompetensi Profesionalisme Guru Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di SMP Negeri 15 Tanjung Jabung Timur dan Faktor pendukung dan Penghambat Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru di SMP Negeri 15 Tanjung Jabung Timur. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah dan Guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis penyajian data dimulai dari pengumpulan seluruh data hasil observasi, wawancara dan studi dokumen. Teknik analisis data yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan Triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di SMP Negeri 15 Tanjung jabung Timur adapun upaya yang dilakukan kepala sekolah yaitu, mengikutsertakan guru dalam kegiatan MGMP, memotivasi guru dan menerapkan kedisiplinan. Hal ini sudah dilakukan cukup baik namun belum terlaksana dengan maksimal. (2) Faktor penghambat yaitu listrik yang tidak selalu stabil mengakibatkan sulit mengakses internet, masih ada beberapa orang guru yang mengajarkan mata pelajaran tidak sesuai dengan kualifikasi dan latar belakang pendidikan yang dimiliki serta kurangnya minat guru untuk mengembangkan potensinya. Berdasarkan temuan yang telah disebutkan, maka perlu dilakukan perbaikan dan penegasan kepala sekolah agar proses upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru dapat dilaksanakan dengan maksimal.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | ANITA MARYANTI |
Date Deposited: | 18 Jun 2021 07:51 |
Last Modified: | 18 Jun 2021 07:51 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/20941 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |