NUGRAHA, FEBRI SAPUTRA (2021) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS POSTER SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 49 MERANGIN. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
COVER TESIS-dikonversi.pdf Download (21kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (256kB) |
![]() |
Text
img013.pdf Download (488kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text
img017.pdf Download (276kB) |
![]() |
Text
img012.pdf Download (426kB) |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi awal keterampilan menulis poster pada siswa kelas VIII SMP Negeri 49 Merangin, nilai yang diperoleh masih rendah karena belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70. Masalah yang menyebabkan nilai siswa masih rendah yaitu siswa kesulitan dalam menemukan inspirasi untuk menulis kalimat-kalimat untuk poster, peserta didik masih kesulitan dalam menerapkan penggunaan EYD terutama dalam penggunaan huruf kapital dan tanda baca, serta kurangnya latihan menulis poster sehingga peserta didik belum terbiasa dengan desain gambar dan tampilan poster yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan nilai menulis poster siswa setelah menggunakan media gambar, proses pembelajaran menulis menggunakan media gambar, serta perubahan perilaku siswa kelas VIII SMP Negeri 49 Merangin setelah mengikuti pembelajaran menulis poster menggunakan media gambar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas dan berlangsung dalam dua siklus, yaitu siklus I, dan siklus II dengan batas nilai minimal 70. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis poster siswa kelas VIII SMP Negeri 49 Merangin. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik nontes. Teknik tes dilaksanakan dengan cara peserta didik menulis poster, sedangkan teknik nontes dengan cara observasi, wawancara, serta dokumentasi foto. Analisis data meliputi data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menulis poster diketahui bahwa proses pembelajaran menulis poster menggunakan media gambar berlangsung kondusif, intensif, dan menyenangkan. Siswa terlihat lebih bersemangat, aktif mengikuti pelajaran, serta serius dalam menulis poster. Hal tersebut telihat dari hasil keterampilan menulis poster siswa yang selalu meningkat dari prasiklus sampai siklus II. Pada tahap prasiklus, nilai rata-rata menulis poster sebesar 63,8. Pada siklus I meningkat sebesar 1% menjadi 64,8, pada siklus II meningkat sebesar 8% sehingga nilai menjadi 72,8. Selain hasil menulis poster yang berubah baik, sikap siswa selama mengikuti pembelajaran juga mengalami perubahan ke arah yang lebih positif. Saran bagi guru mata pelajaran Bahasa Indonesia hendaknya menggunakan media dan teknik pembelajaran yang dapat meningkatkan antusias siswa dalam belajar menulis poster, seperti media gambar. Media gambar telah terbukti dapat meningkatkan nilai menulis poster. Saran bagi peneliti lain, hendaknya melakukan penelitian lanjutan tentang menulis poster menggunakan media, pendekatan, maupun model dan metode lain yang lebih kreatif dan variatif, sehingga menambah khazanah dan kualitas pendidikan di Indonesia.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Febri Saputra Nugraha |
Date Deposited: | 18 Jun 2021 03:51 |
Last Modified: | 18 Jun 2021 03:51 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/20957 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |