ANALISIS PEMBELAJARAN IPA DENGAN LESSON STUDY BERBASIS TRANSCRIPT BASED LESSON ANALYSIS (TBLA) PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG SISWA KELAS VIII SMP ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI

Pulsande, Ana sari and Susanti, Nova and Lestari, Neneng (2021) ANALISIS PEMBELAJARAN IPA DENGAN LESSON STUDY BERBASIS TRANSCRIPT BASED LESSON ANALYSIS (TBLA) PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG SISWA KELAS VIII SMP ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK SKRIPSI ANA SARI PULSANDE (A1C317040).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] Text
Halaman persetujuan ana sari pulsande.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB 1 SKRIPSI ANA SARI PULSANDE (A1C317040).pdf

Download (136kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI ANA SARI PULSANDE (A1C317040)..pdf

Download (389kB)
[img] Text
BAB III SKRIPSI ANA SARI PULSANDE (A1C317040).pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB IV SKRIPSI ANA SARI PULSANDE (A1C317040).pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI ANA SARI PULSANDE (A1C317040).pdf

Download (50kB)
[img] Text
Halaman pernyataan.pdf

Download (64kB)

Abstract

Pulsande, Ana Sari. 2021. Analisis Pembelajaran IPA Dengan Lesson Study Berbasis Transcript Based Lesson Analysis (TBLA) Pada Materi Getaran Dan Gelombang Siswa Kelas VIII SMP Islam Al-Falah Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Nova Susanti, S.Pd., M.Si., (II) Neneng Lestari, S.Pd., M.Pd., Kata kunci : Lesson study, Transcript Based Lesson Analysis (TBLA), Pembelajaran IPA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan dalam kegiatan pembelajaran IPA yang didominasi guru dalam menjelaskan materi namun kurangnya penerapan contoh soal dan latihan sehingga siswa menjadi tidak aktif. Penelitian ini dilakukan untuk menerapkan dan menganalisis Pembelajaran IPA melalui Lesson study berbasis Transcript Based Lesson Analysis (TBLA) pada materi getaran dan gelombang di kelas VIII.4 SMP Islam Al-Falah Kota Jambi. Data dalam penelitian ini berbentuk data penelitian kualitatif. Sumber data kualitatif dalam penelitian ini diperoleh dari rekaman video pembelajaran, dokumentasi, dan catatan lapangan observer. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus pembelajaran secara virtual melalui google meet. Peneliti berkolaborasi dengan tim lesson study untuk pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan tahapan lesson study, pada setiap siklus dilakukan dengan tiga tahapan Lesson study berbasis Transcript Based Lesson Analysis (TBLA) yaitu perencanaan (plan), implementasi (do), refleksi (see). Pelaksanaan pembelajaran mengacu pada desain pembelajaran yang dibuat dalam tahapan perencenaan (plan), untuk setiap siklus memiliki desain pembelajaran yang berbeda. Berdasarkan hasil penelitian ini pelaksanaan siklus I didominasi oleh guru dilihat dari percakapan yang antara guru dan siswa melalui data transkrip yang diperoleh. Siklus I menunjukkan dua diantara seluruh siswa dikelas VIII.4 yang memberikan respon sehingga pembelajaran ini dikategorikan bersifat Teacher centered learning (TCL). Siklus II dilakukan untuk menindaklanjuti hasil transkrip pembelajaran siklus I. Berdasarkan pelaksanaannya data transkrip pembelajaran siklus II menunjukkan adanya perbaikan yang terjadi, dilihat dari bertambahnya siswa yang memberikan respon hal ini dikarenakan pembelajaran berlangsung secara diskusi kelompok. Secara keseluruhan kegiatan pembelajaran dikelas VIII.4 masih bersifat Teacher centered learning (TCL) oleh karena itu disarankan agar guru dapat menjadikan kegiatan ini sebagai langkah awal yang baik bagi guru untuk merancang pembelajaran selanjutnya sehingga dapat mewujudkan pembelajaran yang bersifat Student Centered Learning (SCL) serta dapat mengurangi dominasi guru dalam pembelajaran.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: ANA SARI PULSANDE
Date Deposited: 21 Jun 2021 06:59
Last Modified: 21 Jun 2021 06:59
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/20976

Actions (login required)

View Item View Item