Suci, Nuhasanah (2021) Strategi Guru Dalam Mengembangkan Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (231kB) |
![]() |
Text
DAFTAR IS1.pdf Download (304kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (321kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN.pdf Download (319kB) |
Abstract
ABSTRAK Nuhasanah, Suci. 2021. Strategi Guru Dalam Mengembangkan Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Andi Suhandi, S.Pd., M.Pd.I (II) Issaura Sherly Pamela, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Pandemi Covid-19, karakter tanggung jawab, startegi guru Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam mengembangkan karakter peserta didik, meliputi metode pembiasaan, keteladanan dan budaya sekolah pada pada masa pandemi covid-19 di sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di SDN 34/1 Teratai pada tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian kulitatif . penelitian ini mendeskripsikan segala bentuk tindakan juga fenomena yang dilakukan oleh subjek yang diteliti. Dengan melakukan pengamatan secara langsung dan secara tidak langsung. Data penelitian diperoleh melalui proses observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwan strategi guru dalam mengembangkan karakter tanggung jawab peserta didik pada masa pensemi covid-19 di sekolah dasar sudah terlaksana dimana saat melaksankan pembelajaran, guru memberikan pembudayaan sekolah yang baru untuk pembiasaan menggunakan media komunikasi berupa WhatsApp sebagai jembatan interaksi keteladanan antara guru dan peserta didik, seperti memberikan tugas setiap harinya, mengirimkan foto kehadiran peserta didik setiap pagi dan untuk menyampaikan informasi penting lainya mengenai tanggung jawab peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut strategi guru dalam mengembangkan karakter tanggung jawab peserta didik pada masa pandemi Covid-19 di sekolah dasar dapat dilihat dari bagaimana guru melaksanakan pembelajaran daring dengan tetap mengembangkan karakter tanggung jawab peserta didik dengan cara keteladanan, pembiasaan dan pembudayaan sekolah baru untuk dibiasakan seperti memanfaatkan teknologi informasi komunikasi berupa Whatsapp, kerjasama dengan orang tua peserta didik dalam mengawasi peserta didik melaksanakan tanggung jawabnya dengan baik, serta guru melakukan tindakan memberikan teguran dan nasehat kepada peserta didik melalui orang tua dalam melaksankaan tanggung jawabnya.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | SUCI NUHASANAH |
Date Deposited: | 18 Jun 2021 08:05 |
Last Modified: | 18 Jun 2021 08:05 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/20996 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |