PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ( CTL ) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN.81/ X PEMATANG RAHIM

yatim, muhammad (2021) PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ( CTL ) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN.81/ X PEMATANG RAHIM. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
RESPOSITORY.pdf

Download (582kB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN.81/ X PEMATANG RAHIM Oleh : Nama: Muhammad Yatim NIM : P2A618037 Program Studi : Magister Pendidikan Dasar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Contextual Teaching and Learning terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas V SDN.81/ X Pematang Rahim tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang dilakukan adalah quasi eksperimen. Variabel terikat pada penelitian ini adalah motivasi belajar IPA sedangkan variabel bebasnya adalah model pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan subyek penelitian seluruh siswa kelas V SDN.81/ X Pematang Rahim, yang berjumlah 58 siswa, 30 siswa dari kelas VB dan 28 siswa dari kelas VA. Kelas VB sebagai kelompok eksperimen mendapatkan pembelajaran dengan model Contextual Teaching and Learning sedangkan kelas VA sebagai kelompok kontrol mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran ekspositori yang biasa digunakan oleh guru. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala motivasi belajar dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan membandingkan mean Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model Contextual Teaching and Learning terhadap motivasi belajar IPA. Hal tersebut dibuktikan dari hasil mean pada kelompok eksperimen lebih besar dari mean kelompok kontrol, yaitu 87,70 > 77, 21. Uji-T dan didapatkan harga rasio t hitung sebesar 3,64. Harga rasio t tabel 1,67. Dari data tersebut diketahui bahwa harga thitung (3,64) lebih besar dari ttabel (1,67) sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak. dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar pada siswa yang menggunakan model pembelajaran tipe contextual teaching and learning lebih tinggi daripada motivasi belajar pada siswa yang menggunakan pembelajaran ekspositori. Kata kunci: motivasi belajar IPA, model Contextual Teaching and Learning (CTL)

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Muhammad Yatim
Date Deposited: 21 Jun 2021 03:17
Last Modified: 21 Jun 2021 03:17
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/21004

Actions (login required)

View Item View Item