Kemampuan menulis laporan pengamatan Siswa Kelas IX A di SMP Negeri 11 Muaro Jambi

arini, dewi Kemampuan menulis laporan pengamatan Siswa Kelas IX A di SMP Negeri 11 Muaro Jambi. <font style="vertical-align: inherit;"><font style="vertical-align: inherit;">Jurnal Penelitian Universitas Jambi</font></font>. ISSN <font style="vertical-align: inherit;"><font style="vertical-align: inherit;">0852-8349</font></font>

[img]
Preview
Text
ARTIKEL DEWI.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ARTIKEL DEWI.pdf

Download (271kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Arini, Dewi. 2017. “Kemampuan menulis laporan pengamatan Siswa Kelas IX A di SMP Negeri 11 Muaro Jambi” Skripsi. Jurusan Bahasa dan Seni FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Larlen, M.Pd dan (II) Drs. Imam Suwardi Wibowo, M.Pd. Kata kunci : Kemampuan, Menulis, Laporan Pengamatan Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan siswa menulis laporan pengamatan kelas IX A SMP Negeri 11 Muaro Jambi Tahun Pelajaran 2016/2017, kemampuan siswa terindikasikan dari sistematika penulisan laporan yaitu pendahuluan, isi, dan penutup. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Metode ini juga sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai yakni untuk memperoleh informasi tentang kemampuan menulis laporan pengamatan siswa kelas IX A SMP Negeri 11 Muaro Jambi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX A SMP Negeri 11 Muaro Jambi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui kemampuan menulis laporan pengamatan siswa kelas IX A SMP Negeri 11 Muaro Jambi berpredikat sangat mampu. Hal ini diketahui dari hasil pengolahan data kemampuan menulis laporan pengamatan. Adapun kemampuan menulis laporan pengamatan terdiri dari pendahuluan, isi, dan penutup. Dari hasil pengolahan data tersebut, dapat diketahui kemampuan menulis lapoaran pengamatan siswa kelas IX A SMP Negeri 11 Muaro Jambi berkualitas sangat mampu. Hal ini terbukti dengan diperolehnya rata-rata nilai sebesar 4,52. Nilai tersebut dilihat dari tabel interval nilai yang berada pada interval 4-5. Interval nilai tersebut menurut tabel konversi nilai itu berkualita sangat mampu. Secara rinci nilai itu tersebut diperoleh dari sistematika laporan yaitu menulis bagian pendahuluan dengan rata-rata nilai 4,47 berpredikat sangat mampu, isi dengan rata-rata nilai 4,54 berpredikat sangat mampu, menulis bagian penutup dengan rata-rata nilai 4,54 berpredikat sangat mampu. Penentuan nilai baik diberikan kepada siswa yang mampu menulis laporan pengamatan yang memenuhi kriteria menulis bagian pendahuluan, menulis bagian isi, dan menulis bagian penutup. Disimpulkan kemampuan siswa kelas IX A SMP Negeri 11 Muaro Jambi Tahun Pelajaran 2016/2017 dalam menulis laporan pengamatan dapat dikategorikan sangat mampu. Disarankan bagi guru bahasa Indonesia di SMP Negeri 11 Muaro Jambi perlu meningkatkan pembelajaran menulis laporan pengamatan dilihat dari penerapan pendahuluan, pemaparan isi, dan penerapan penutup. bagi peneliti lain yang akan meneliti laporan pengamatan dapat memanfaatkan skripsi ini sabagai bahan rujukan, dan dapat meneliti tentang sistematika laporan.

Type: Article
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: DEWI ARINI
Date Deposited: 11 Oct 2017 01:15
Last Modified: 11 Oct 2017 01:15
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2104

Actions (login required)

View Item View Item