HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP KESIAPAN KERJA PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI FKIP DI UNIVERSITAS JAMBI

Purba, Jonroy Tuah HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP KESIAPAN KERJA PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI FKIP DI UNIVERSITAS JAMBI. Jurnal Penelitian Universitas Jambi. ISSN 0852-8349

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (290kB) | Preview

Abstract

HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP KESIAPAN KERJA PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI FKIP DI UNIVERSITAS JAMBI Jonroy Tuah Purba 1), Dr.Drs. Suratno, M.pd 2), Fachruddiansyah Muslim, S.Pd. M. Pd 3) 1) Alumni Prodi Pendidikan Ekonomi Jurusan PIPS FKIP Univ. Jambi. Email: johnroy_purba@yahoo.com 2) Pembimbing Utama, Dosen Prodi Pendidikan Ekonomi Jurusan PIPS FKIP Unja. 3) Pembimbing Pendamping, Dosen Pengajar Prodi Pendidikan Ekonomi FKIP Unja. ABSTRAK Untuk mencapai keberhasilan dalam suatu pekerjaan, seseorang perlu memiliki kesiapan. Berdasarkan hasil wawancara terbuka sebanyak 7 dari 10 mahasiswa memiliki sikap pesimis terhadap kesempatan kerja yang tersedia. Adapun sikap pesimis tersebut dikarenakan pandangan mahasiswa akan dunia kerja yang semakin sulit dan penuh persaingan. Pada umumnya syarat yang dijadikan perusahaan dalam mencari tenaga kerja adalah prestasi belajar pencari kerja (misal: IPK) dan keunggulan yang dimiliki. Untuk prestasi belajar mahasiswa Prodi Pendidikan ekonomi di Universitas Jambi menurut hasil observasi dan yang dirasakan peneliti sendiri adalah tidak sesuai harapan karena masih banyak mahasiswa yang lulus tidak tepat waktu seperti halnya peneliti sendiri sampai tujuh semester. Selain itu, kurangnya rasa percaya diri terhadap kemampuan dan keberanian dalam menghadapi tantangan dunia kerja. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan prestasi belajar dan kepercayaan diri terhadap kesiapan kerja pada mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi FKIP di Universitas Jambi baik secara sendiri maupun bersama-sama. Penelitian ini adalah penelitian asosiatif/hubungan dengan pendekatan secara kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah semua populasi yaitu mahasiswa kelas regular mandiri dan regular, jurusan Pendidikan Ekonomi Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 83 orang, terdiri dari 48 mahasiswa kelas regular dan 35 kelas regular mandiri. Data penelitian ini dikumpulkan melalui angket dan dokumentasi kemudian diolah dengan bantuan program SPSS for windows 16. Hasil penelitian menyatakan terdapat hubungan prestasi belajar dengan kesiapan kerja pada mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi FKIP di Universitas Jambi yang ditunjukkan oleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,408. Terdapat hubungan kepercayaan diri dengan kesiapan kerja pada mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi FKIP di Universitas Jambi yang ditunjukkan oleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,659. Terdapat hubungan prestasi belajar dan kepercayaan diri terhadap kesiapan kerja pada mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi FKIP di Universitas Jambi yang ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi ganda/R = 0,681. Mahasiswa perlu membekali diri dengan keterampilan agar rasa kepercayaan dirinya semakin bertambah. Selain itu, prestasi belajarnya perlu ditingkatkan dan bukan sekedar mencetak angka melainkan prestasi yang mengarah pada skill yang dapat diterapkan dalam lingkungan kerja. Kata Kunci: Kesiapan Kerja, Kepercayaan Diri dan Prestasi Belajar

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: JONROY TUAH PURBA
Date Deposited: 05 Oct 2017 08:08
Last Modified: 05 Oct 2017 08:08
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2105

Actions (login required)

View Item View Item