Hubungan Antara Metode Proyek Dengan Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia 5-6 tahun d TK Bina Insani Kecamatan Tengah Ilir Kabupaten Tebo

Husna, Rian (2021) Hubungan Antara Metode Proyek Dengan Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia 5-6 tahun d TK Bina Insani Kecamatan Tengah Ilir Kabupaten Tebo. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI RIAN HUSNA full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (32kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (203kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (25kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13kB)

Abstract

Husna, Rian. 2021. Hubungan Antara Metode Proyek dengan Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia 5-6 Tahun di TK Bina Insani Kecamatan Tengah Ilir Kabupaten Tebo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar. FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Indryani, S.Pd., M.Pd.I., Pembimbing (II) Nyimas Muazzomi, S.Ag., M.Pd.I. Kata Kunci : Metode Proyek, Berpikir Logis Berpikir logis adalah suatu proses berpikir yang menggunakan penalaran, logika secara terurut dan konsisten untuk menghasilakan suatu kesimpulan agar anak mengetahui sebab akibat yang terjadi disekitarnya.hasil pengamatan awal yang dialkukan di TK Bina Insani Kecamatan Tengah Ilir Kabupaten Tebo ditemukan masalah yang terjadi pada anak di kelas B. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: apakah terdapat hubungan antara metode proyek dengan kemampuan berpikir logis anak usia 5-6 tahun di TK Bina Insani Kecamatan Tengah Ilir Kabupaten Tebo?. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara metode proyek dengan kemampuan berpikir logis anak usia 5-6 tahun di TK Bina Insani Kecamatan Tengah Ilir Kabupaten Tebo. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori John Dewey dan teori Jean Piaget. hipotesis dalam penelitian ini adalah “Terdapat Hubungan Antara Metode Proyek dengan Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia 5-6 Tahun di TK Bina Insani Kecamatan Tengah Ilir Kabupaten Tebo”. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan anak kelas B yang berjumlah 50 anak dan sampel yang digunakan adalah keseluruhan populasi yaitu anak kelas B di TK Bina Insani Kecamatan Tengah Ilir Kabupaten Tebo dan teknik penarikan sampel adalah total sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket (kuesioner). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji linearitas, uji korelasi pearson product moment, uji t-test dengan bantuan IBM SPSS Statistic versi 21. Hasil penelitian berdasarkan perhitungan dengan uji normalitas menunjukkan nilai sig (0,200 > 0,05) artinya data berdistribusi normal. Uji linearitas menjelaskan bahwa nilai kritis dengan signifikan deviation fromlinearity sebesar (0,013 > 0,05) maka dapat disimpulkan antara metode proyek dengan berpikir logis anak usia 5-6 tahun berpola linier. Pada pengujian korelasi didapatkan perhitungan koefisien rxy hitung sebesar 0,895 lebih besar dari rtabel sebesar 0,279, rhitung > rtabel (0,895 > 0,279). Koefisien korelasi antara variable X dan Y adalah 0,895 dengan menunjukkan tingkat hubungan dalam kategori sangat kuat. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa ”terdapat hubungan korelasi yang kuat antara metode proyek dengan berpikir logis anak usia 5-6 tahun di TK Bina Insani Kecamatan Tengah Ilir Kabupaten Tebo”.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Rian Husna
Date Deposited: 21 Jun 2021 07:03
Last Modified: 21 Jun 2021 07:03
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/21073

Actions (login required)

View Item View Item