Apriyanti, Ayu PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH (ICM) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI IPS KELAS V SD ISLAM AL FALAH JAMBI. JURNAL PENDIDIKAN TEMATIK DIKDAS, 2 (1). ISSN 2527-6905 (Submitted)
Text
Cover.pdf Download (22kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (11kB) |
|
Text
Halaman Persetujuan.pdf Download (363kB) |
|
Text
Bab V.pdf Download (15kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (139kB) |
Abstract
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH (ICM) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD ISLAM AL FALAH JAMBI OLEH Ayu Apiyanti NIM. P2A618029 Program Studi Magister Pendidikan Dasar Keberhasilan siswa dalam belajar IPS memerlukan proses pembelajaran yang efektif. Keberhasilan dalam pembelajaran IPS tersebut harus didukung oleh penggunaan metode atau model pembelajaran yang sesuai. Index Card Match (ICM) adalah salah satu model pembelajaran agar siswa lebih aktif dan mampu bekerjasama yang baik dengan temannya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan penerapan model Index Card Match (ICM). Penelitian dilaksanakan di SD Islam Al-Falah Jambi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VB. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksananakan dalam satu siklus yaitu dua pertemuan dimulai dengan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi (pengamatan) dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara induktif, yaitu dimulai dari lapangan atau fakta empiris dengan terjun ke lapangan. Analisis data dalam penelitian kualitatif dilakukan secara bersamaan dengan proses pengumpulan data. Hasil penelitian darisikluspertamakesikluskeduamenunjukkan terjadinya peningkatankeaktifandan hasil belajar siswa. Hasilpenelitianmenunjukkan bahwa18 dari 22siswa menjadi aktif. Sementara untuk hasil belajar juga mengalami peningkatan yaitu 68,18% siswa yang tuntas pada pertemuan pertama menjadi 86,36% siswa yang tuntas pada pertemuan kedua. Peneliti menarik kesimpulan bahwa model ICM mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS Kelas VD SD Islam Al-Falah Jambi. Kata kunci: Model Index Card Match, Keaktifan, Hasil Belajar
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | AYU APRIYANTI |
Date Deposited: | 21 Jun 2021 03:16 |
Last Modified: | 21 Jun 2021 03:16 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/21129 |
Actions (login required)
View Item |