ANALISIS TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA EKSTROVERT DAN INTROVERT DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS VIII SMPN 1 KOTA JAMBI

Simbolon, Helen Sagita ANALISIS TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA EKSTROVERT DAN INTROVERT DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS VIII SMPN 1 KOTA JAMBI. JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
ARTIKEL UPLOAD.pdf

Download (469kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Seseorang yang mampu berpikir kritis adalah orang yang tidak begitu saja menerima atau menolak sesuatu. Erat kaitannya dengan kepribadian yang dimil¬iki oleh seseorang. Kepribadian seseorang akan mempengaruhi kemampuan berpikir kritis yang dimilikinya. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis tingkat kemampuan berpikir kritis siswa ekstrovert dan introvert dalam menyelesaikan soal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa ekstrovert mampu memenuhi indi¬kator ber¬pikir kritis yaitu kemampuan menolak informasi bila tidak benar atau relevan. Tingkat ke¬mampuan berpikir kritis siswa ekstrovert 25% berada pada level 3 (kritis) dan 75% berada pada level 1 (tidak kritis). Sedangkan siswa introvert mampu memenuhi indikator berpikir kritis yaitu kemampuan menolak informasi bila tidak benar atau relevan dan hampir me¬menuhi kemampuan mendeteksi kekeliruan kon¬sep dan memperbaiki kekeliruan konsep. Tingkat kemampuan berpikir kritis siswa introvert 25% berada pada level 3 (kritis), 25% berada pada level 2 (cukup kritis) dan 50% berada pada level 1 (tidak kritis). Kata Kunci : berpikir kristis, ekstrovert, introvert, spldv.

Type: Article
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Helen Sagita Simbolon
Date Deposited: 06 Oct 2017 06:44
Last Modified: 06 Oct 2017 06:44
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2116

Actions (login required)

View Item View Item