Rafiq, Muhammad PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN POWERPOINT & ISPRING SUITE PADA MATERI PERBANDINGAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 KOTA JAMBI. JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA. (Unpublished)
|
Text
ARTIKEL UPLOAD.pdf Download (315kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penerapan pola pembelajaran yang berpusat pada siswa dan minimnya penggunaan media pembelajaran berbasis komputer. Untuk menyelesaikan masalah ini pengembangan dan penggunaan media pembelajaran berbasis pendekatan saintifik menggunakan powerpoint & ispring suite menjadi alternatif untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. ) Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan produk media pembelajaran pada materi perbandingan berbasis pendekatan saintifik. Media pembelajaran dikembangkan dengan mengikuti prosedur pengembangan ADDIE dengan tahap meliputi: analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: lembar validasi ahli desain media dan ahli materi, angket tanggapan guru dan siswa, lembar observasi aktifitas siswa, dan angket persepsi siswa. Setelah media pembelajaran dibuat, tahap selanjutnya adalah dilakukan validasi oleh satu orang ahli desain media dan ahli materi. Tahap Uji coba perorangan melibatkan satu orang guru matematika, uji coba kelompok kecil melibatkan 10 orang non subjek penelitian dan uji coba kelompok besar yang melibatkan satu kelas non subjek penelitian. Kemudian media pembelajaran tersebut diterapkan pada kegiatan pembelajaran yang sebenarnya pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Jambi. Dari hasil analisis media pembelajaran dinyatakan valid dengan rata-rata skor validasi desain media 4,6 dengan kualitas “sangat baik” dan ahli materi 4,1 dengan kualitas “sangat baik”. Kemudian kepraktisan media dilihat dari hasil observasi aktifitas pembelajaran siswa mencapai 95,89% dengan kategori “sangat baik”, dan persentase jawaban benar siswa mencapai 90,48%. Selain itu, keefektifan media pembelajaran terlihat dari hasil post-test siswa yaitu 89,47% siswa mencapai nilai kriteria ketuntasan minimum, dan hasil analisis angket persepsi siswa mencapai 88,25% dengan kategori “sangat baik”. Ini artinya media pembelajaran yang sudah dibuat menunjukkan kualitas yang baik. Sehingga media pembelajaran ini bisa digunakan oleh guru dan siswa SMP khususnya pada materi perbandingan di kelas VIII. Kata kunci: Media, Saintifik, Powerpoint, Ispring Suite, Perbandingan
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | M RAFIQ |
Date Deposited: | 06 Oct 2017 06:44 |
Last Modified: | 06 Oct 2017 06:44 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2117 |
Actions (login required)
View Item |