Karakterisasi Dan Uji Potensi Jamur Susu (Calocybe indica) Secara In Vitro Pada Media Sebagai Bahan Pengayaan Praktikum Mikologi

Setiawati, Rahmah and HARLIS, HARLIS and Yelianti, Upik (2021) Karakterisasi Dan Uji Potensi Jamur Susu (Calocybe indica) Secara In Vitro Pada Media Sebagai Bahan Pengayaan Praktikum Mikologi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (90kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (216kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (86kB)
[img] Text
ARTIKEL ILMIAH RAHMAH SETIAWATI (A1C416035).pdf

Download (894kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakterisasi jamur susu (Calocybe indica) baik secara makroskopis maupun mikroskopis serta mengetahui potensi jamur susu (C. indica) dalam mendegradasi selulosa dan lignoselulosa. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratoriun Dasar dan Terpadu Universitas Jambi pada bulan Agustus - November 2020. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Parameter dalam penelitian ini adalah karakteristik jamur susu (C. indica) secara makroskopis yang meliputi warna koloni, permukaan, bentuk, margin (tepian), elevasi dan ketebalan miselium. Karakteristik jamur susu (C. indica) secara mikroskopis yang meliputi ada atau tidak adanya septa. Serta hasil uji potensi jamur susu (C. indica) dalam mendegradasi selulosa dan lignoselulosa. Hasil penelitian dalam mengkarakterisasi jamur susu (C. indica) baik secara makroskopis maupun secara mikroskopis menunjukkan bahwa jamur susu (C. indica) memiliki karakteristik koloni berwarna putih dengan permukaan halus seperti kapas, bentuk sirkular, margin regular (rata), elevasi raised atau cembung, memiliki miselium yang tebal pada media PDA (Potato Dextrose Agar) dan memiliki tipe hifa hialin dan bersepta. Uji potensi selulolitik jamur susu dengan menggunakan media CMC agar menunjukan bahwa jamur susu berpotensi dalam mendegradasi selulosa yang ditandai dengan terbentuknya zona bening di sekitar koloni jamur susu dengan rata-rata indeks selulolitik 1,62 mm yang termasuk dalam kategori sedang (1,16-1,76). Jamur susu (C. indica) juga memiliki kemampuan mendegradasi lignoselulosa yang ditandai dengan terbentuknya zona cokelat di sekitar koloni jamur susu yang ditumbuhkan pada media Tanat agar, dengan rata-rata indeks lignoselulosa 4,2 mm yang termasuk dalam kategori tinggi (>2,4). Hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan pengayaan pada praktikum Mikologi. Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa kemampuan lignoselulolitik jamur susu lebih tinggi. Sehingga disarankan agar dapat melakukan pengamatan pertumbuhan miselium jamur susu (C. indica) pada media alami yang mengandung lignoselulosa tinggi, sehingga dapat diketahui jenis media yang paling sesuai untuk jamur susu.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: RAHMAH SETIAWATI
Date Deposited: 21 Jun 2021 03:41
Last Modified: 21 Jun 2021 03:41
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/21174

Actions (login required)

View Item View Item