ANALISIS PROSES METAKOGNISI SISWA MELANKOLIS DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI KELAS X SMA

Saputra, Yulita Dwi ANALISIS PROSES METAKOGNISI SISWA MELANKOLIS DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI KELAS X SMA. JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
ARTIKEL_ILMIAH_YUBEK UPLOAD.pdf

Download (448kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang tidak terlatih untuk memikirkan apa yang mereka pikirkan dalam menyelesaikan soal terutama soal trigonometri. Proses menyadari dan mengatur berpikir siswa tersebut, dikenal sebagai metakognisi. Untuk mengetahui proses metakognisi yang terkait dengan keterampilan metakognisi dapat dilihat dari indikatornya yaitu merencanakan, memonitor dan mengevaluasi pada setiap langkah pemecahan masalah Polya. Serta siswa tipe kepribadian melankolis merupakan siswa yang cerdas dan pandai dalam akademik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan proses metakognisi yang terkait dengan keterampilan metakognisi siswa melankolis dalam pemecahan masalah matematika di kelas X SMA. Jenis penelitian ini yaitu penelitian Kualitatif-deskriptif. Hasil penelitian dalam penelitian ini menunjukan bahwa siswa melankolis pertama melakukan perencanaan, memonitor dan mengevaluasi pada setiap langkah pemecahan masalah Polya, sedangkan siswa melankolis kedua tidak memenuhi indikator yang ketiga yaitu mengevaluasi pada langkah merencanakan dan melaksanakan rencana pemecahan masalah dan siswa melankolis ketiga juga tidak memenuhi indikator ketiga pada langkah merencanakan, melaksanakan rencana dan memeriksa kembali pada langkah Polya. Secara keseluruhan semua subjek sadar terhadap proses dan hasil berpikirnya dalam merencanakan, memonitor dan mengevaluasi pada setiap langkah Polya. Namun siswa melankolis kedua dan siswa melankolis ketiga tidak memenuhi indikator proses metakognisi (keterampilan metakognisi) yang ketiga pada langkah merencanakan dan melaksanakan rencana pemecahan masalah Polya. Kata Kunci : Proses Metakognisi, Siswa Melankolis, Pemecahan Masalah Matematika.

Type: Article
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: YULITA DWI SAPUTRA
Date Deposited: 06 Oct 2017 06:44
Last Modified: 06 Oct 2017 06:44
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2119

Actions (login required)

View Item View Item