ANALISIS PERSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP TAGLINE POLITIK PASANGAN CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PADA PILKADA SERENTAK PROVINSI JAMBI

MULYA, MISDA (2021) ANALISIS PERSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP TAGLINE POLITIK PASANGAN CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PADA PILKADA SERENTAK PROVINSI JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER DLL.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (897kB)
[img] Text
BAB III PENUTUP.pdf

Download (195kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (298kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi Mahasiswa PPKn Universitas Jambi terhadap tagline politik dan untuk mengetahui efektivitas tagline politik terhadap persepsi keterpilihan Mahasiswa tersebut. Karena jika diamati tagline politik hampir selalu hadir dalam setiap kontestasi politik mulai Pilkades hingga Pilpres, hal ini dapat dipastikan karena persaingan antar kekuatan politik yang semakin ketat sehingga manajemen kampanye juga dirasakan sangat efektif untuk menunjang keberhasilan dalam proses pemilu oleh setiap kandidat. Slogan atau tagline politik para kandidat sangat menarik untuk dikaji karena tagline politik memiliki salah satu pengaruh besar terhadap elektabilitas dan poplaritas kandidat. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah menggunakan kuesioner. Penggunaan sampel dalam penelitian ini yakni sampel jenuh dimana seluruh populasi menjadi sampel penelitian, adapun analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data frekuensi dan cross tabulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan tagline politik pada Pilgub Jambi tahun 2020 bagi mahasiswa khususnya Mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan angkatan 2017 Universitas Jambi dinilai sebagai sebuah bentuk kampanye kreatif namun tidak menjadi alasan utama dalam memilih atau menentukan pilihan politiknya melainkan karena visi misi yang melatar belakanginya dengan persentase 30.4%, program kerja 28.3%, kemudian responden yang memilih dari tokoh calon sebesar 23.9% adapun tagline politik hanya 17.4%. Sehingga tagline politik bagi responden hanya dalam memperkuat pilihan calon kandidatnya. Kata Kunci: Pilgub Provinsi Jambi 2020, Kampanye Kreatif, Tagline Politik, Visi misi dan Program.

Type: Thesis (S1)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Politik
Depositing User: MISDA MULYA
Date Deposited: 21 Jun 2021 03:09
Last Modified: 21 Jun 2021 03:09
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/21196

Actions (login required)

View Item View Item