ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN NEWMANS ERROR ANALYSIS (NEA) DITINJAU DARI TINGKAT KEMAMPUAN AWAL MATEMATISNYA PADA MATERI LINGKARAN

YOLANDIA, YOLA ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN NEWMANS ERROR ANALYSIS (NEA) DITINJAU DARI TINGKAT KEMAMPUAN AWAL MATEMATISNYA PADA MATERI LINGKARAN. ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN NEWMANS ERROR ANALYSIS (NEA) DITINJAU DARI TINGKAT KEMAMPUAN AWAL MATEMATISNYA PADA MATERI LINGKARAN. (Submitted)

[img]
Preview
Text
RRA1C213030- ARTIKEL ILMIAH.pdf

Download (560kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih tingginya persentase kesalahan yang dilakukan siswa SMP N 38 Muaro Jambi dalam memecahkan masalah matematika. Sehingga permasalahan tersebut perlu segera diatasi agar pelaksanaan pembelajaran berhasil secara optimal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi Lingkaran berdasarkan Newman Error Analysis (NEA) dan untuk mencari tau kemungkinan penyebab dari kesalahan tersebut bisa terjadi. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian sebanyak 4 siswa dari kelas VIII.A di SMPN 38 Muaro Jambi yang terdiri atas 1 siswa yang mewakili kelompok kemampuan awal matematis tingkat tinggi, 2 siswa yang mewakili kelompok kemampuan awal matematis tingkat sedang dan 1 siswa yang mewakili kelompok kemampuan awal matematis tingkat rendah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penulis sendiri, lembar soal matematika, materi lingkaran, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang dihadapi siswa berkemampuan awal matematis yang didapat adalah :1.Kesalahan yang dilakukan siswa hampir merata untuk setiap soal yang diberikan dan kesalahan yang paling menonjol dilakukan yaitu 1.kesalahan memahami (Comprehension Error), kesalahan transformasi (Transformation Error), kesalahan keterampilan proses (Process Skill Error) dan kesalahan penulisan (Encoding Error)2. Secara umum penyebab kesalahan terjadi karena kurangnya latihan dalam menyelesaikan soal cerita adalah tidak menuliskan apa yang diketahui sesuai dengan soal, Tidak memahami metode penyelesaian yang digunakan, Tidak mengetahui metode penyelesaian yang benar, Tergesa-gesa dalam menyelesaikan soal, Kurang teliti dan Subjek tidak menulis satuan yang sesuai. Kata kunci: Analisis, Kesalahan, Kemampuan Awal Matematis, Newman Error Analysis (NEA)

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: YOLA YOLANDIA
Date Deposited: 10 Oct 2017 00:57
Last Modified: 10 Oct 2017 00:57
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2124

Actions (login required)

View Item View Item