MISNAWATI, MISNAWATI (2021) PENGEMBANGA INSTRUMEN TES BERBASIS ETNOSAINS BERBANTUAN ANDROID PADA MATERI KOLOID. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (31kB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN.pdf Download (201kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (203kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (310kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (288kB) |
Abstract
Instrumen tes merupakan salah satu bahan evaluasi pembelajaran yang terdiri dari beberapa butir soal. Instrumen tes ini juga berfungsi sebagai bahan evaluasi dalam pembelajaran yang dapat digunakan oleh pendidik yang dikaitkan dengan etnosains. Etnosains merupakan cabang kajian budaya yang dapat memahami alam mereka. Etnosains juga sering dikenal dengan kearifan lokal yang mana kearifan lokal ini merupakan cara dan bagian dari budaya yang tidak dapat dipisahkan antara bahasa dan kebiasaan suatu daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan instrumen tes berbasis etnosains berbantuan android pada materi koloid, kelayakan instrumen tes berbasis etnosains berbantuan android pada materi koloid, serta mengetahui penilaian praktisi, tanggapan peserta didik, validitas dan reliabelitas instrumen tes berbasis etnosains berbantuan android pada materi koloid. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan kerangka pengembangan 4-D yang di modifikasi menjadi 3-D. Pada penelitian ini terdiri dari beberapa tahapan yaitu pendefinisian (define), perancangan (Design) dan pengembangan (develop). Produk hasil pengembangan divalidasi oleh ahli materi dan diimplementasikan pada uji coba di kelas XII MIPA. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar wawancara, lembar angkat, uji validitas dan uji reliabelitas. Data yang terkumpul diolah secara deskriptif menjadi data interval menggunakan skala likert dan dianalisis berdasarkan jumlah skor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon ahli materi terhadap instrumen tes berbasis etnosains berbantuan android pada materi koloid memberi respon positif dan dinyatakan “Sangat Layak” untuk dilakukan uji coba. Instrumen tes berbasis etnosains mendapat respon baik dan dinyatakan “Sangat Baik” dan respon peserta didik “Baik”. Validitas instrumen tes terdapat 8 butir soal valid dan 2 butir soal tidak valid untuk reliabelitas memiliki nilai 0,891 yang dikatagorikan sangat reliabelitas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa instrumen tes ini sangat baik dan sangat layak digunakan sebagai bahan evaluasi pembelajaran serta terdapat kesepakatan yang cukup tinggi dari kedua belah pihak antara peserta didik dengan instrumen tes baik digunakan sebagai bahan evaluasi dan direspon positif oleh peserta didik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | MISNAWATI |
Date Deposited: | 23 Jun 2021 02:52 |
Last Modified: | 10 Sep 2025 08:13 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/21266 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |