YUNIARCCIH S., H. R. (2021) PENGARUH PENDEKATAN ETNOSAINS MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DI SMAN 3 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (448kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (320kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (183kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (448kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (276kB) |
Abstract
Literasi sains adalah kemampuan menggunakan pengetahuan ilmiah, mengidentifikasi pertanyaan dan menggambarkan bukti-bukti yang berdasarkan kesimpulan untuk dapat memahami dan membantu pembuatan kesimpulan tentang alam serta perubahan terhadap alam tersebut akibat aktivitas manusia. Model pembelajaran yang dapat digunakan dalam meningkatkan kemampuan tersebut adalah model Problem Based Learning. Berbasis Etnosains merupakan pembelajaran yang mengintegrasikan sains asli masyarakat dengan sains ilmiah, sains asli masyarakat tercermin dalam kebudayaan melalui kearifan lokal sebagai suatu pemahaman terhadap alam atau lingkungan Tujuan penelitian ini yaitu untuk melihat pengaruh pendekatan etnosains dengan model Problem Based Learning terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi larutan penyangga di kelas XI SMA N 3 Kota Jambi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif yang menggunakan bentuk desain Quasi Eksperiment dengan rangcangan One Group Pretest-Posttest Design yang memberikan pretest terlebih dahulu. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes esai yang terdiri dari 9 soal dan instrumen penilaian aktivitas siswa sebagai data pendukung. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan etnosains dengan model Problem Based Learning memberikan pengaruh terhadap kemampuan literasi sains siswa yang dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil rata-rata pretest dan posttest yaitu 51,4% - 76,4%. Berdasarkan data yang diperoleh didapatkan hasil perhitungan yakni thitung sebesar 10,4264 dan ttabel sebesar 2,1098 dengan taraf nyata α= 5% Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat perbedaan kemampuan literasi sains siswa sebelum dan sesudah belajar menggunakan pendekatan etnosains melalui model pembelajaran PBL. Sehingga penggunaan pendekatan etnosains melalui model PBL memberikan pengaruh terhadap kemampuan literasi sains siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | S |
Date Deposited: | 23 Jun 2021 02:51 |
Last Modified: | 23 Jun 2021 02:51 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/21281 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |