PENGARUH METODE BERCERITA DENGAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA DINI DI RA RAUDHATUL ISLAMIYAH KECAMATAN BRAM ITAM KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT

Pentiernitasari, Eka PENGARUH METODE BERCERITA DENGAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA DINI DI RA RAUDHATUL ISLAMIYAH KECAMATAN BRAM ITAM KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT. Jurnal Penelitian Universitas Jambi. ISSN 0852-8349

[img]
Preview
Text
artikel.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

PENGARUH METODE BERCERITA DENGAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA DINI DI RA RAUDHATUL ISLAMIYAH KECAMATAN BRAM ITAM KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT Oleh: Eka Pentiernitasari A1f113016 Program S1 Pgpaud Fkip Universitas Jambi ABSTRAK Kata Kunci : Metode Bercerita dengan Media Gambar, Kemampuan Berbicara Berdasarkan hasil pengamatan peneliti di RA Raudhatul Islamiyah Kecamatan Bram Itam Kabupaten Tanjung Jabung Barat menunjukkan bahwa kemampuan berbicara anak belum berkembang dengan optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan pengaruh metode bercerita dengan media gambar terhadap kemampuan berbicara anak usia dini di RA Raudhatul Islamiyah Kecamatan Bram Itam Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Adapun jenis metode eksperimen yang digunakan adalah menggunakan rancangan “Pretest-posttest control group design” yaitu terdapat dua kelompok yang dipilih, populasi penelitian adalah seluruh anak RA Raudhatul Islamiyah sebanyak 62 orang. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas B berjumlah 41 anak yang terbagi menjadi 2 kelas yaitu B1 sebanyak 20 anak dan B2 sebanyak 21 anak. Teknik analisis datanya menggunakan uji t, karena dua sampel yang diuji relative kecil maka uji normalitas dan homogenitas tidak dilakukan sehingga analisis data langsung menggunakan uji t, hipotesis menggunakan uji nonparametric yang dipakai adalah Uji Mann Whitney. Hasil penelitian membuktikan bahwa dk = n1+n2-2 = 21+20-2 = 39 dan taraf signifikasi α = 0,05 angka batas penolakan hipotesis dalam tabel t adalah 1,69, sedangkan nilai t yang diperoleh adalah sebesar 4,53 , ternyata thitung > ttabel. Hal ini membuktikan ada pengaruh yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas control. Hasil Uji Mann Whitney membuktikan bahwa nilai kritis Ztabel, dengan tingkat signifikasi 5% adalah ± 1,96 , sedangkan nilai Zhitung yang diperoleh - 3,09 , ternyata Zhitung < - Z ∝/2 hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan berbicara anak usia dini di kelas B1 dan B2. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa metode bercerita dengan media gambar berpengaruh terhadap kemampuan berbicara anak usia dini di RA Raudhatul Islamiyah Kecamatan Bram Itam Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: EKA PENTIERNITASARI
Date Deposited: 10 Oct 2017 04:06
Last Modified: 10 Oct 2017 04:06
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2130

Actions (login required)

View Item View Item