IMPLIKATUR PERCAKAPAN MENYURUH PADA ORANG DEWASA DALAM BAHASA JAWA DI DESA PULAU KERAKAP KABUPATEN BUNGO

OKTIFIANA, IKA IMPLIKATUR PERCAKAPAN MENYURUH PADA ORANG DEWASA DALAM BAHASA JAWA DI DESA PULAU KERAKAP KABUPATEN BUNGO. Jurnal Penelitian Universitas Jambi. ISSN 0852-8349

[img]
Preview
Text
artikel.pdf

Download (557kB) | Preview

Abstract

IMPLIKATUR PERCAKAPAN MENYURUH PADA ORANG DEWASA DALAM BAHASA JAWA DI DESA PULAU KERAKAP KABUPATEN BUNGO Andiopenta Purba, Agus Setyonegoro dan Ika Oktifiana* FKIP Universitas Jambi ABSTRACT The results showed that the lingual form of conversational implicatur told the adult in the Javanese language in the Village Island Kerakap Bungo Regency in the form of news sentences, sentence and command sentence. A supportive pragmatic unit that serves to imply pragmatic implications and manifests IPs in adults in the Javanese language consists of informing facts, reminding, asking, asking, declaring the will, and ordering. While the implicatures impose on adults in the Javanese language of Pulau Kerakap Bungo District there are two types of pragmatic implications. Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk lingual implikatur percakapan menyuruh pada orang dewasa dalam bahasa Jawa di Desa Pulau Kerakap Kabupaten Bungo berupa kalimat berita, kalimat tanya dan kalimat perintah. Satuan pragmatis pendukung yang berfungsi menyatakan implikasi pragmatis dan mewujudkan IP menyuruh pada orang dewasa dalam bahasa Jawa terdiri atas menginformasikan fakta, mengingatkan, bertanya, meminta, menyatakan kehendak, dan menyuruh. Sedangkan implikatur menyuruh pada orang dewasa dalam bahasa Jawa di Desa Pulau Kerakap Kabupaten Bungo terdapat dua satu jenis implikasi pragmatis menyuruh. Keywords ; Telling in adults, Javanese language, lingual form, pragmatic units, pragmatic implications

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: IKA OKTIFIANA
Date Deposited: 10 Oct 2017 04:06
Last Modified: 10 Oct 2017 04:06
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2133

Actions (login required)

View Item View Item