Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika dengan Tipe Kepribadian Dominance

Septevani, Yolanda Sari Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika dengan Tipe Kepribadian Dominance. JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA. (Unpublished)

[img] Text
Artikel Ilmiah noy.docx

Download (1MB)

Abstract

Yolanda Sari Septevani. 2017. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika dengan Tipe Kepribadian Dominance: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Roseli Theis, M.S (II) Sri Winarni, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Berpikir Kritis, Pemecahan Masalah, Dominance Pada dasarnya, dalam pelajaran matematika perlu adanya kemampuan berpikir kritis pada siswa. Kemampuan berpikir kritis sangat penting digunakan bagi siswa dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan matematika yang dihadapi. Siswa dengan tipe kepribadian dominance selalu mendominasi atau menguasai baik dalam percakapan dan lingkungan mereka. Tipe ini memiliki sifat pantang menyerah dan suka menyelesaikan masalah. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa tipe dominance dalam pemecahan masalah matematika pada materi trigonometri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di SMA N 1 Kota Jambi. Subjek penelitian ini adalah lima orang tipe kepribadian dominance di kelas X.2 tahun ajaran 2016/2017. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar tes kepribadian DISC, lembar soal pemecahan masalah materi trigonometri dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pada penelitian ini gambaran kemampuan berpikir kritis dalam pemecahan masalah materi trigonometri pada siswa bertipe kepribadian dominance yaitu 75% memenuhi indikator interpretasi dengan kategori tinggi, 60% memenuhi indikator analisis dengan kategori rendah, 55% memenuhi indikator evaluasi dengan kategori rendah, dan 20% memenuhi indikator inferensi dengan indikator sangat rendah. (2) Jenis kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa bertipe kepribadian dominance dalam pemecahan masalah adalah tidak cermat dalam berpikir.

Type: Article
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: YOLANDA SARI SEPTEVANI BR MANIHURUK
Date Deposited: 11 Oct 2017 01:15
Last Modified: 11 Oct 2017 01:15
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2138

Actions (login required)

View Item View Item