Pengembangan E-modul Fisika Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Gerak Melingkar Untuk SMA/MA Kelas X

ANGGRAINI, RESY Pengembangan E-modul Fisika Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Gerak Melingkar Untuk SMA/MA Kelas X. Pengembangan E-modul Fisika Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Gerak Melingkar Untuk SMA/MA Kelas X. (Submitted)

[img]
Preview
Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf

Download (623kB) | Preview

Abstract

-modul berbasis pendekatan saintifik dan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap e-modul berbasis pendekatan saintifik. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek uji coba penelitian ini siswa SMA Negeri 5 Kota Jambi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket studi pendahuluan, angket validasi ahli materi dan media serta angket persepsi siswa. Teknik analisis data hasil validasi ahli dan persepsi siswa dilakukan secara statistik deskriptif (mean, median, modus, standar deviasi maksimum dan minimum), data hasil telaah dokumen pada saat observasi awal dan saran validator dianalisis secara deskriptif kaulitatif (reduksi data, penyajian data dan verifikasi). Hasil penelitian ini adalah e-modul fisika berbasis pendekatan saintifik pada materi gerak melingkar untuk SMA kelas X. Spesifikasi produk yaitu e-modul dengan konsep multimedia menggunakan program kvisoft flipbook maker pro yang memiliki format .exe. Materi disajikan secara mendalam dan jelas disertai dengan gambar, video, animasi, persamaan yang disajikan secara rinci. Adapun keunggulan dari e-modul ini mudah dipahami, siswa dapat mengkonstruksi dan menemukan konsep. Selain itu, siswa dapat mengembangkan sikap ilmiah. Siswa dapat menulis pada lembar jawaban untuk membuat pertanyaan dan kesimpulan dan dapat dikirim secara langsung via e-mail, Sedangkan kelemahan dari e-modul ini adalah belum terkoneksi secara langsung ke jaringan internet dan perlu ditambahkan soal berbentuk essay. Hasil validasi ahli menyatakan bahwa desain berupa warna, cover, background, gambar dan video yang digunakan sudah sesuai dengan judul materi dan tujuan pembelajaran sehingga dapat dinyatakan valid dan layak digunakan. Hasil uji coba persepsi siswa sebesar 71.89 dengan kategori sangat baik dan dengan nilai reliabilitas 0,91 dengan kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa e-modul fisika berbasis pendekatan saintifik pada materi gerak melingkar untuk SMA kelas X valid dan layak digunakan sebagai salah satu bahan ajar siswa di SMA kelas X. Kata Kunci: E-modul, Pendekatan Saintifik, Gerak Melingkar

Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: RESY ANGGRAINI
Date Deposited: 11 Oct 2017 07:12
Last Modified: 11 Oct 2017 07:12
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2145

Actions (login required)

View Item View Item