ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATERI KONSEP MOL DAN KORELASINYA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIA SMA NEGERI 7 KOTA JAMBI

Gea, Krisnawati (2021) ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATERI KONSEP MOL DAN KORELASINYA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIA SMA NEGERI 7 KOTA JAMBI. S1 thesis, Pendidikan Kimia.

[img] Text
SKRIPSI KRISNAWATI GEA (RSA1C116019).pdf

Download (6MB)
[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (136kB)
[img] Text
Pengesahan Krisna(1)_1.pdf

Download (319kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (85kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB)

Abstract

ABSTRAK Gea, Krisnawati. 2020. Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match pada Materi Konsep Mol dan korelasinya dengan Hasil Belajar Siswa Kelas X MIA 3. Skripsi, Jambi: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing I: Dr. Dra. Zurweni, M.Si, Pembimbing II: Dr. Dra. M Dwi Wiwik Ernawati, M.Kes. Kata kunci: Make A Match, Hasil Belajar, Konsep Mol. Pendidikan dan pembelajaran diharapkan dapat memberikan hasil belajar yang diperlukan oleh peserta didik untuk hidup di era abad 21. Salah satu model pembelajaran yang dipandang mampu meningkatkan pemahaman konsep, dan hasil belajar siswa serta meningkatkan interaksi antar siswa dalam pembelajaran kimia yaitu model pembelajaran Make A Match. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan model pembelajaran Make A Match pada materi konsep mol dan korelasinya dengan hasil belajar siswa kelas X MIA 3 SMA Negeri 7 Kota Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode mix method jenis triangulasi konkuren. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu kelas X MIA 3. Instrument penelitian yang digunakan yaitu instrument penilaian penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match, instrument penilaian hasil belajar siswa pada aspek afektif (sikap) dan psikomotor (keterampilan) dan test essay hasil belajar siswa pada aspek kognitif (pengetahuan). Untuk melihat korelasi penggunaan model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar siswa dilakukan uji korelasi product moment. Persentase hasil belajar siswa pada ranah afektif sebesar 68,86% dengan kategori baik dan persentase hasil belajar siswa pada ranah psikomotor sebesar 67,75% dengan kategori baik dan pada aspek kognitif sebesar 71,57 dengan kategori baik. Korelasi penggunaan model pembelajaran Make A Match dengan kemampuan hasil diperoleh rxy = 0,68 pada ranah afektif dan rxy = 0,67 pada ranah psikomotor dengan tingkat hubungan kuat. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan model Make A Match oleh guru dan hasil belajar siswa pada aspek afektif, psikomotor dan kognitif berjalan dengan baik dan terdapat korelasi penggunaan model Make A Match terhadap hasil belajar siswa pada materi konsep mol di kelas X MIA 3 SMA Negeri 7 Kota Jambi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: KRISNAWATI GEA
Date Deposited: 23 Jun 2021 07:43
Last Modified: 23 Jun 2021 07:43
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/21455

Actions (login required)

View Item View Item