Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Balok Di TK Harapan Ibu Desa Tarutung Kabupaten Kerinci

Pratami Putri, Yola (2021) Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Balok Di TK Harapan Ibu Desa Tarutung Kabupaten Kerinci. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (38kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (87kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (322kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)

Abstract

Putri, Yola Pratami. 2021. Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Balok Di TK Harapan Ibu Desa Tarutung Kabupaten Kerinci: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Dan Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Dra. Kasmiati., M.Pd (II) Dra. Hj. Yusra Dewi, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Berbicara, Media Balok Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun kelompok A di TK Harapan Ibu masih belum meningkat, hal ini terlihat ketika guru mengajak anak untuk berbicara, dari 15 anak hanya 5 anak saja yang yang mau ikut berpartisipasi dan mau membicarakankan keinginannya, dan terlihat bahwa pembelajarannya hanya berpusat pada guru, serta belum adanya pemanfaatan media yang dimiliki oleh sekolah. Berdasarkan latar belakang penelitian diatas, maka rumusan masalah penelitian ini adalah apakah melalui media balok dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun di TK Harapan Ibu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berbicara anak sebelum diberikan tindakan melalui media balok, mengetahui kemampuan berbicara anak sesudah diberikan tindakan melalui media balok, dan mengetahui hasil peningkatan kemampuan berbicara anak melalui media balok. Subjek dalam penelitian ini adalah 15 orang anak pada kelas A di TK Harapan Ibu Desa Tarutung Kabupaten Kerinci. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada setiap siklus peneliti melakukan tindakan sebanyak 4 kali, sehingga terdapat 8 kali tindakan pada 2 siklus yang dilakukan. Masing-masing siklus terdiri 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Alat pengumpulan data penelitian ini melalui lembar observasi dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif dengan analisis data menggunakan teknik persentase. Berdasarkan hasil pembahasan, kemampuan berbicara anak sebelum adanya tindakan masih belum meningkat dengan baik dengan nilai 25.63% dalam kategori belum berkembang. Setelah dilakukan penelitian pada siklus I melalui bermain balok memberikan hasil nilai persentase rata-rata pertemuan (I) 37,58%, pertemuan (2) 46,33%, pertemuan (3) 47,66%, dan petemuan (4) 50,25%. Penelitian dilanjutkan pada siklus II karena kemampuan berbicara anak belum mencapai kriteria ketuntasan. Pada siklus II dilakukan penelitian melalui media balok secara berkelompok sehingga hasil nilai persentase rata-rata pertemuan (1) 58,58%, pertemuan (2) 67,33%, pertemuan (3) 73,83%, dan pertemuan (4) 87,11% yang dikategorikan berkembang sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui media balok dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun di TK Harapan Ibu Desa Tarutung Kabupaten Kerinci.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: YOLA PRATAMI PUTRI
Date Deposited: 22 Jun 2021 07:11
Last Modified: 22 Jun 2021 07:11
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/21459

Actions (login required)

View Item View Item