RATNA SARI, DESI MENINGKATKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS IV/dSD NEGERI 13/1 MUARA BULIAN. MENINGKATKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS IV/dSD NEGERI 13/1 MUARA BULIAN. (Submitted)
|
Text
ARTIKEL ILMIAH-A1D113017.pdf Download (515kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Sari, Desi Ratna. 2017. Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas IVD SD Negeri 13/1 Muara Bulian. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Seklolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan. FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I. Dr Yantoro, M.Pd. Pembimbing II. Arsil, M.Pd. Kata Kunci: Karakter Tanggung Jawab, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Penelitian ini berlatar belakang pada kenyataannya bahwa karakter tanggung jawab siswa kelas IVD SD Negeri 13/1 Muara Bulian masih perlu ditingkatkan.. Hal ini dikarenakan dalam proses pembelajaran siswa cenderung tidak serius dalam belajar hal ini terlihat ketika belajar siswa bermain-main, siswa melakukan kecurangan dalam mengerjakan tugas yang diberikan seperti mencontek pekerjaan temannya dan siswa sering berjalan-jalan ketika diberi tugas. Salah satu tanggung jawab siswa adalah melaksanakan kewajiban siswa dengan menyelesaikan tugas yang diberikan sebaik mungkin. Guru kurang memperhatikan sikap siswanya, guru lebih mengedepankan aspek pengetahuan (Kognitif) siswa, tanpa mementingkan aspek sikap (Afektif) dan aspek keterampilan (Psikomotorik). Selain itu guru cenderung menggunakan metode ceramah dalam menyampaikan pembelajaran sehingga interaksi antara guru dan siswa kurang berjalan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam meningkatkan karakter tanggung jawab pada siswa kelas IVD SD Negeri 13/1 Muara Bulian. Penelitian ini merupakan penilitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana data yang diambil yaitu berupa data observasi melalui lembar observasi karakter tanggung jawab siswa dan observasi guru yang dilakukan pada tiap proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian ini dilakukan dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan karakter tanggung jawab siswa kelas IVD SD Negeri 13/1 Muara Bulian. Berdasarkan lembar observasi karakter tanggung jawab siswa menunjukkan adanya peningkatan, terbukti dari siklus I karakter tanggung jawab siswa 46.42% dikategorikan K (kurang), meningkat pada siklus II menjadi 72.85% dikategorikan B (baik). Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan karakter tanggung jawab siswa kelas IVD SD Negeri 13/1 Muara Bulian.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Desi Ratna Sari |
Date Deposited: | 11 Oct 2017 07:11 |
Last Modified: | 11 Oct 2017 07:11 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2148 |
Actions (login required)
View Item |