Sholihah, Zakiyyatush (2021) Pengembangan Video Pembelajaran Jarak Jauh di TK ABA IV Kota Jambi Berbasis Sentra Seni Pada Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2020/2021. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Skripsi Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
Halaman Judul.pdf Download (63kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan dan Halaman Pengesahan.pdf Download (83kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (113kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (133kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (50kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (182kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan video pembelajaran jarak jauh berbasis sentra seni pada masa pandemi Covid-19, mengetahui kelayakan video pembelajaran serta mengetahui respon guru, orang tua murid dan mahasiswa terhadap video pembelajaran berbasis sentra seni. Penelitian ini dilakukan di TK Aisyah Busthanul Athfal IV Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah ini adalah penelitan dan pengembangan (Research and Development) yang dilakukan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development for Production, Implementation or Delivery, and Evaluation) Data penelitian diperoleh dengan angket terbuka dan angket tertutup dengan cara menyebarkan angket kepada guru, orang tua murid, dan mahasiswa melalui via whatsapp dengan membagikan link angket google form. Setelah angket diisi, data dianalisis secara kuantitatif dengan rumus persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa video pembelajaran jarak jauh memiliki hasil yang baik. Pemerolehan skor yang didapat dari ahli materi sebanyak 63 dengn persentase 92,64% dengan kriteria penilaian sangat baik. Sedangkan berdasarkan hasil validasi ahli media diperoleh skor 58 dengan persentase 96,67% dengan kategori penilaian sangat baik. Berdasarkan validasi dari ahli materi dan ahli media video pembelajaran jarak jauh berbasis sentra seni layak digunakan dengan hasil dari angket persepsi responden jika digabungkan 11 Guru TK ABA IV Kota Jambi, 8 orang tua murid kelas B4 TK ABA IV Kota Jambi dan 41 mahasiswa PGPAUD FKIP Universitas Jambi didapat persentase persentase 89,53% dengan kategori penilaian sangat baik. Hasil dari penelitian ini didasarkan untuk mempermudah guru dalam melaksanakan pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 dan juga sebagai variasi dalam mengajar agar menarik minat anak, serta video pembelajaran ini diharapkan dapat dijadikan sebagai rujukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan informasi pada pembelajaran di taman kanak – kanak.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | ZAKIYYATUSH SHOLIHAH |
Date Deposited: | 23 Jun 2021 02:49 |
Last Modified: | 23 Jun 2021 02:50 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/21523 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |