PENGEMBANGAN INSTRUMEN BERFORMAT FOUR-TIER UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA TOPIK PESAWAT SEDERHANA

Naibaho, Iren Fannysah (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN BERFORMAT FOUR-TIER UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA TOPIK PESAWAT SEDERHANA. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER 1 DAN 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN, PENGESAHAN DAN SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I_compressed.pdf

Download (41kB)
[img] Text
BAB V_compressed (1).pdf

Download (17kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berbentuk instrumen four-tier diagnostic test untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa pada materi pesawat sederhana. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research & Development) dengan menggunakan model 4D. Sampel dalam pelaksanaan penelitian ini terdiri dari 2 sekolah yaitu SMP Negeri 1 Kota Jambi sebanyak 65 siswa dan SMP Negeri 9 Kota Jambi 35 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini ada dua, yaitu data kualitati dengan melakukan wawancara terhadap guru IPA di sekolah dan data kuantitatif dengan dengan menyebarkan instrumen four-tier diagnostic test melalui Google Form kepada siswa. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu uji validitas dan reliabilitas. Hasil produk yang dikembangkan 10 butir soal dengan teruji validitasnya lebih besar dari nilai r tabel. Reliabilitas sebesar 0,696 yang termasuk reliabilitas tinggi dengan arti instrumen yang dikembangkan baik untuk digunakan mengidentifikasi miskonsepsi siswa. Produk instrumen four-tier diagnostic test untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa pada materi pesawat sederhana terdiri dari 10 soal dinyatakan layak dan untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengimplementasikan instrumen tes yang sudah dikembangkan agar dapat mengidentifikasi miskonsepsi siswa.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: IREN FANNYSAH NAIBAHO
Date Deposited: 23 Jun 2021 01:29
Last Modified: 23 Jun 2021 01:29
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/21539

Actions (login required)

View Item View Item