PENGEMBANGAN INSTRUMEN MISKONSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA BERBASIS WEB PADA MATERI RANGKAIAN LISTRIK

Ekacitra, Teana Nisa (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN MISKONSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA BERBASIS WEB PADA MATERI RANGKAIAN LISTRIK. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata kunci: Pengembangan, Miskonsepsi, Rangkaian Listrik Miskonsepsi merupakan kesalahan dalam memahami konsep dan hubungan antar konsep. Identifikasi miskonsepsi tidak mudah dilakukan, untuk mengidentifikasi miskonsepsi dibutuhkan instrumen. Salah satu instrumen yang dapat digunakan adalah tes berbentuk four-tier. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan:(1) untuk mengembangkan instrumen miskonsepsi mahasiswa Pendidikan Fisika berbasis web pada materi Rangkaian Listrik,(2) untuk mengetahui kelayakan hasil pengembangan instrumen miskonsepsi mahasiswa Pendidikan Fisika berbasis web pada materi Rangkaian Listrik. Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Tahapan ADDIE terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation,Evaluation. Hasil validasi ahli media menunjukkan bahwa instrumen sangat layak untuk digunakan. Hasil analisis dari validasi ahli media untuk aspek functionality skala interpestasi kerja sebesar 92,86% sangat layak), kehandalan(reliability)sebesar 91,07%(sangat layak ), usability sebesar 93,06% (sangat layak) dan efficiency sebesar 93,75% (sangat layak). Hasil uji kelompok kecil menunjukkan bahwa instrumen layak untuk digunakan. Hasil analisis dari uji kelompok kecil untuk aspek materi skala interpestasi kerja sebesar 81% (sangat layak), bahasa sebesar 80 % (layak), tampilan sebesar 81%(sangat layak) dan manfaat sebesar 79% (layak). Instrumen yang telah dikembangakan dapat digunakan secara luas dan meminimalkan waktu yang digunakan dalam mengidentifikasi miskonsepsi. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam validasi pengembangan instrumen miskonsepsi berbasis web pada materi Rangkaian Listrik sangat layak untuk mengidentifikasikan miskonsepsi fisika dengan skala interpetasi kerja rata-rata setiap aspek sebesar 92,67%. Selain itu, hasil yang diperoleh dalam uji coba kelompok kecil menunjukkan pengembangan instrumen four-tier test pada materi Rangkaian Listrik layak untuk mengidentifikasikan miskonsepsi fisika dengan skala interpetasi kerja rata-rata setiap aspek sebesar 80,17%.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: EKACITRA
Date Deposited: 23 Jun 2021 02:35
Last Modified: 23 Jun 2021 02:35
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/21545

Actions (login required)

View Item View Item