PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK TALK WRITE (TTW) DENGAN DIRECT INSTRUCTION DALAM KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA KELAS VIII SMP N 9 KOTA JAMBI

Jekki, Fondri Suparma PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK TALK WRITE (TTW) DENGAN DIRECT INSTRUCTION DALAM KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA KELAS VIII SMP N 9 KOTA JAMBI. JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Artikel Ilmiah.pdf

Download (490kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan komunikasi matematik matematika siswa masih tergolong rendah dan model pembelajaran yang dipakai dalam pembelajaran Geometri dan pengukuran khususnya Prisma dan Limas dengan menerapkan model Cooperative Learning tipe Think Talk Write (TTW) diharaphan siiswa menjadi lebih mudah menangkap pembelajaran matematika dan dapat meningkatnya kemampuan komunikasi matematik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar model Cooperative Learning tipe Think Talk Write (TTW) dengan Direct Instruction dalam kemampuan komunikasi matematik siswa kelas VIII SMPN 9 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan posstest-only control design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 9 Kota Jambi tahun ajaran 2015/2016. Kelas eksperimen berjumlah 40 orang siswa, yang diajarkan dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Think Talk Write (TTW) dan kelas kontrol 39 orang siswa menggunakan Direct Instruction guna melihat perbandingan hasil belajar dalam kemampuan komunikasi matematik siswa. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa hasil analisis uji kesamaan dua rata-rata dengan uji t, antara kelas eksperiment dan kelas kontrol di peroleh thitung > ttabel yaitu 3,425 > 1,991. Artinya rata-rata hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan medel Cooperative Learning tipe Think Talk Write (TTW) lebih besar dari rata-rata hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model (Direct Instruction). Perbedaan rata-rata hasil belajar matematika siswa pada kedua kelas sampel menunjukan adanya perbedaan hasil belajar treatment yang diberikan pada kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara penerapan model Cooperative Learning tipe Think Talk Write (TTW) dengan Direct Instruction dalam kemampuan komunikasi matematik siswa kelas VIII SMP N 9 Kota Jambi.

Type: Article
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: FONDRI SUPARMA JEKKI
Date Deposited: 11 Oct 2017 07:11
Last Modified: 11 Oct 2017 07:11
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2155

Actions (login required)

View Item View Item