PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN INTERAKSI GURU DENGAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP KESULITAN BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 11 MUARO JAMBI

SOPAH, HANNA PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN INTERAKSI GURU DENGAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP KESULITAN BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 11 MUARO JAMBI. Jurnal Penelitian Universitas Jambi. ISSN 0852-8349

[img]
Preview
Text
ARTIKEL ILMIAH HANNA.pdf

Download (321kB) | Preview

Abstract

PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN INTERAKSI GURU DENGAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP KESULITAN BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 11 MUARO JAMBI Hanna Sopah1), Prof. Dr. Drs. H. Khairinal, Dpt. BA., M.Si 2), Kuswanto, S.Pd., M.Si3) 1)Alumni Prodi Pendidikan Ekonomi Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi Email: hannaunja@yahoo.co.id 2)Pembimbing Utama, Dosen Pendidikan Ekonomi Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi 3)Pembimbing Pendamping, Dosen Pendidikan Ekonomi Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi Abstract Kesulitan belajar merupakan suatu kondisi dalam suatu proses belajar yang ditandai adanya hambatan-hambatan tertentu untuk mencapai hasil belajar. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi khususnya Akuntansi kelas XI IPS SMA Negeri 11 Muaro Jambi belum mencapai tingkat keberhasilan yang diinginkan. Salah satu faktor penyebabnya adalah motivasi belajar dan interaksi guru dengan siswa dalam pembelajaran yang masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan interaksi guru dengan siswa dalam pembelajaran terhadap kesulitan belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 11 Muaro Jambi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan tergolong pada penelitian Ex-Post Facto. Responden dalam penelitian ini berjumlah 44 siswa. Data variabel motivasi belajar (XI) dan interaksi guru dengan siswa dalam pembelajaran (X2) dan kesulitan belajar akuntansi (Y) dikumpulkan melalui angket dan disusun berdasarkan indikator variabel. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan koefesien determinasi (R²) sebesar 0,665 atau 66,5%, artinya motivasi belajar dan interaksi guru dengan siswa dalam pembelajaran mempengaruhi kesulitan belajar sebesar 66,5% dan sisanya 33,5% disebabkan oleh faktor lain. Hal itu dapat dilihat dari pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap kesulitan belajar akuntansi siswa dimana thitung -6,916 dengan ttabel 2,018 atau thitung< ttabel maka digunakan hipotesis pihak kiri dengan menegatifkan ttabel menjadi -6,916 < -2,018 atau thitung< ttabel sehingga thitung berada dalam daerah penerimaan Ha, dan terdapat pengaruh yang signifikan antara interaksi guru dengan siswa dalam pembelajaran terhadap kesulitan belajar akuntansi dimana thitung -3,136 dengan ttabel 2,018 jadi thitung< ttabel, sehingga uji hipotesis yang digunakan yaitu hipotesis pihak kiri dengan menegatifkan ttabel menjadi -3,136 < -2,018 atau thitung < ttabel sehingga thitung berada dalam daerah penerimaan Ha, terakhir terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar dan interaksi guru dengan siswa terhadap kesulitan belajar dengan nilai Fhitung > Ftabel atau 40,701 > 3,21. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada siswa agar dapat meningkatkan motivasi belajar dan untuk guru lebih meningkatkan lagi interaksi guru dengan siswa dalam pembelajaran karena kedua variabel ini berpengaruh signifikan terhadap kesulitan belajar. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Interaksi Guru dengan Siswa dalam Pembelajaran, dan Kesulitan Belajar.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: HANNA SOPAH
Date Deposited: 11 Oct 2017 08:47
Last Modified: 11 Oct 2017 08:47
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2160

Actions (login required)

View Item View Item