PENGARUH MODEL POE BERBASIS OPEN ENDED PROBLEM TERHADAP KREATIVITAS SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT DI SMAN 12 KOTA JAMBI

Wijaya, Habib (2021) PENGARUH MODEL POE BERBASIS OPEN ENDED PROBLEM TERHADAP KREATIVITAS SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT DI SMAN 12 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (186kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (106kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (10kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (81kB)

Abstract

Kurikulum 2013 dirancang dengan pertimbangan relevansi terhadap konteks revolusi industri 4.0, sehingga memberikan output generasi bangsa yang dapat memberikan suatu terobosan ide atau gagasan baru yang diperoleh dari kemampuan berpikir kreatif. Dengan segala keterbatasan interaksi fisik dan sosial, model POE berbasis Open Ended Problem memberikan efisiensi dan efektivitas dalam orientasi peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pegaruh signifikan model POE berbasis Open Ended Problem Terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit di SMAN 12 Kota Jambi. Metode penelitian Quasi Expriment ini adalah penelitian dengan rancangan Pretest Posttest Nonequivalent Control Group Design yang menggambarkan hubungan sebab akibat dengan teknik random sampling, kelas eksperimen menggunakan model POE berbasis Open Ended Problem dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran yang digunakan sekolah. Kemampuan berpikir kreatif siswa diukur dengan instrumen tes essay yang terdiri dari 10 butir soal dan lembar observasi sebagai data pendukung Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan hasil rata-rata pretest dan posttest yaitu 47.40% - 63.74 % di kelas kontrol dengan selisih kenaikan 16,34%, sedangkan di kelas eksperimen mendapatkan hasil 47.89% - 71.14% dengan selisih kenaikan 23.25%. Jika ditinjau dari hasil per indikator kemampuan berpikir kreatif pada kelas kontrol - eksperimen berturut-turut yaitu; sensitivity 64,17% - 72,75%, fluency 63.75% - 70.00%, flexibility 62.50% - 67.33%, originality 67.92% - 73.47%, dan elaboration 60.33% - 72.08%. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model POE berbasis Open Ended Problem terhadap kreativitas siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit di SMAN 12 Kota Jambi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Habib Wijaya
Date Deposited: 23 Jun 2021 07:44
Last Modified: 23 Jun 2021 07:44
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/21615

Actions (login required)

View Item View Item