PERBEDAAN MOTIVASI KERJA GURU SERTIFIKASI DAN NONSERTIFIKASI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI DI KOTA JAMBI

Bin Ramli, Irham (2021) PERBEDAAN MOTIVASI KERJA GURU SERTIFIKASI DAN NONSERTIFIKASI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI DI KOTA JAMBI. S1 thesis, PPKn.

[img] Text
IRHAM_A1A314039.pdf

Download (7MB)
[img] Text
persetujuam.pdf

Download (387kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (262kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (300kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (157kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (360kB)

Abstract

ABSTRAK Irham, 2020, Perbedaan Motivasi Kerja Guru Sertifikasi dan Nonsertifikasi Di Madrasah Aliyah Negeri di Kota Jambi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Pembimbing I Dr. Akmal Sutja, M.Pd, Pembimbing II Heri Usmanto, M.Pd Kata Kunci: Motivasi Kerja, Guru Sertifikasi, Guru Nonsertifikasi Pendidikan merupakan salah satu elemen pembangunan nasional. Pendidikan mempunyai fungsi, peran dan kedudukan yang sangat penting dalam mensukseskan pembangunan nasional. Ujung tombak pelaksana pendidikan adalah guru dan dosen. Guru sebagai tenaga professional mengemban misi penyelenggaraan pembelajaran sesuai dengan prinsip profesionalitas. Pada saat ini peningkatan kesejahteraan yang dilakukan pemerintah melalui uji kemampuan melalui suatu proses yang disebut sertifikasi guru. Sertifikasi bertujuan untuk meningkatkan kinerja para guru sehingga lebih terfokus pada proses pembelajaran. Namun pada kenyataannya tidak semua guru menjadikan sertifikasi guru sebagai suatu peningkatan motivasi dalam bekerja. Kebanyakan guru hanya berfokus pada penambahan pendapatan atau pemasukan dan adapula guru yang menganggap sertifikasi sebagai suatu peningkatan status sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi kerja guru yang sertifikasi dan nonsertifikasi di Madrasah Aliyah Negeri di Kota Jambi. Subjek penelitian ini adalah guru honorer yang tersertifikasi dan nonsertifikasi di 3 (tiga) Madrasah Aliyah Negeri di Kota Jambi Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian komparatif. Populasi penelitian ini adalah guru honorer Madrasah Aliyah Negeri Kota Jambi yang berstatus sertifikasi dan nonsertifikasi yang berjumlah 66 orang, yaitu 28 orang guru sertifikasi dan 38 orang guru nonsertifikasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket/kuesioner. Variabel dalam penelitian ini yaitu guru sertifikasi dan nonsertifikasi (independent variable) dan motivasi kerja guru madrasah aliyah negeri kota jambi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada motivasi kerja guru sertifikasi dan nonsertifikasi di madrasah aliyah negeri di Kota Jambi. Hal ini ditunjukkan pada uji independent sample t-test dengan SPSS yang hasil nya menunjukkan sig.(2-tailed) 0,023 < α= 0,05 yang berarti terdapat perbedaan motivasi kerja guru honorer sertifikasi dan nonsertifikasi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn
Depositing User: IRHAM
Date Deposited: 05 Jul 2021 04:12
Last Modified: 05 Jul 2021 04:12
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/21617

Actions (login required)

View Item View Item