Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Motivasi Belajar PKn Siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Muaro Jambi

Andarestia, Tri (2021) Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Motivasi Belajar PKn Siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Muaro Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI TRI ANDARESTIA.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Halam persetujuan dan pengesahan.pdf

Download (149kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (145kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB)

Abstract

Andarestia, Tri. 2021. Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar PKn Siswa Kelas XI di SMA Negeri 2 Muaro Jambi. Skripsi Program Studi Pendidkan Pancasila dan Kewarganegaraan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Drs. Akmal Sutja, M.Pd (II) Heri Usmanto, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Pembelajaran Daring, Motivasi Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi belajar PKn siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Muaro Jambi tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Ex Post Facto dengan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis data statistik deskriptif. Data penelitian diperoleh dari penyebaran angket secara on-line melalui aplikasi google form kepada siswa kelas IX di SMA Negeri 2 Muaro Jambi tahun ajaran 2020/2021. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi belajar PKn siswa kelas XI SMA Negeri 2 Muaro Jambi karena nilai thitung > ttabel yaitu 8,248>2,010. Dan besarnya pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi belajar PKn siswa kelas XI SMA Negeri 2 Muaro Jambi adalah 58,6%. Ini menunjukkan bahwa semakin tinggi pembelajaran daring maka akan mengakibatkan motivasi belajar PKn siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Muaro Jambi juga tinggi, begitupun juga sebaliknya. Dari hasil penelitian ini disarankan agar siswa dapat menyiapkan sarana dan prasarana pembelajaran daring, mengikuti pembelajaran daring tepat waktu, bisa belajar secara mandiri meskipun dalam kondisi seperti ini. Dan bagi guru diharapkan untuk dapat lebih kreatif dalam membuat suasana belajar yang menyenangkan agar motivasi siswa pada pembelajaran daring meningkat.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn
Depositing User: ANDARESTIA
Date Deposited: 23 Jun 2021 06:29
Last Modified: 23 Jun 2021 06:29
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/21619

Actions (login required)

View Item View Item