SABIR, MUHSIN (2021) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI MATA PELAJARAN PPKn SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (51kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (170kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (224kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (86kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
Abstract
ABSTRAK Muhsin Sabir. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Inkuiri Mata Pelajaran PPKn Siswa Kelas X SMA Negeri 11 Kota Jambi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidkan, Universitas Jambi. Pembimbing (I) Drs.H. Irwan, M.Pd, Pembimbing (II) Heri Usmanto, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri, Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 11 Kota Jambi pada mata pelajaran dengan model pembelajaran inkuiri, dan (2) mengetahui sikap-sikap yang ditunjukkan siswa pada proses pembelajaran PPKn dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran PPKn. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 11 Kota Jambi pada Oktober s/d November 2018. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 11 Kota Jambi yang berjumlah 34 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan (1) tes (2) observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari hasil pretest kepostest sebesar 37 pada siklus I dengan kondisi awal 39 meningkat menjadi 76. Hasil belajar siklus II mengalami peningkatan dari hasil pretest kepostest sebesar 31 dengan kondisi awal 47 meningkat menjadi 78 Rata-rata kenaikan pada siklus I yaitu 37 dan 31 pada siklus II, dan (2) sikap siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Sikap siswa didalam kelas pada sikap tanggung jawab pada siklus I memiliki skor 79,41.%, kerjasama 80,15%, percaya diri 76,47%, toleransi 82,35%, dan kejujuran siswa memiliki skor 73,53% dengan rata-rata sikap siswa yaitu 78,38% pada siklus I. Pada siklus II sikap siswa mengalami peningkatan yaitu pada sikap tanggung jawab memiliki skor 83,82%, kerjasama 84,56%, percaya diri 80,80%, toleransi 86,76%, dan sikap jujur memiliki skor 79,41% dengan rata-rata skor sikap siswa yaitu 83,07% pada siklus II. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 11 Kota Jambi mata pelajaran PPKn dengan menggunakan metode inkuiri.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Informasi Tambahan: | Pembimbing (I) Drs.H. Irwan, M.Pd, Pembimbing (II) Heri Usmanto, S.Pd, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Inkuiri, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn |
Depositing User: | MUHSIN SABIR |
Date Deposited: | 24 Jun 2021 06:40 |
Last Modified: | 24 Jun 2021 06:40 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/21627 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |