METODE THINK PAIR SHARE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL TASHRIF ISTILAHI PADA PEMBELAJARAN ILMU SHARAF SANTRI PONDOK PESANTREN DARUL MUTTAQIEN

Al khafidh, Rendi (2021) METODE THINK PAIR SHARE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL TASHRIF ISTILAHI PADA PEMBELAJARAN ILMU SHARAF SANTRI PONDOK PESANTREN DARUL MUTTAQIEN. S1 thesis, pendidikan bahasa arab.

[img] Text
Skripsi full.pdf

Download (1MB)
[img] Text
cover skripsi.pdf

Download (249kB)
[img] Text
Persetujuan pembimbing & pengesahan.docx

Download (170kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (109kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (514kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (247kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (262kB)

Abstract

abstrak Pondok pesantren Darul Muttaqien merupakan pondok pesantren yang terletak di desa pauh menang. Pondok pesantren Darul Muttaqien mengajarkan pelajaran ilmu agama diantaranya ialah bahasa arab. Pada penelitian terfokus pada metode think pair yang akan digunakan dalam cabang ilmu dalam bahasa arab yaitu ilmu sharaf. Metode ini telah digunakan oleh pihak pondok pesantren untuk meningkatkan kemampuan menghafal tashrif istilahi dalam ilmu sharaf dan peneliti pun juga mencoba menggunakan metode ini. Penelitian ini bertujuan bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan metode think pair share dan kualitas metode think pair share dalam meningkatkan kemampuan menghafal tashrif istilahi santri. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan data kualitatif. Sumber data diperoleh dari Guru ilmu sharaf dan santri di pondok pesantren Darul Muttaqien. Pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) saat di kelas menggunakan pembelajaran satu arah yaitu dari guru terhadap murid, Ustdaz menjelaskan keseluruhannya dan Santri mendengarkan setiap materi yang dijelaskan oleh ustadz dan menggunakan pedoman agar mempermudah menghafal kemudian pengulangan hafalan di asrama yang disebut dengan taqrar. 2) beberapa kendala dalam menghafal tashrif istilahi bagi para santri yaitu (a) karna adanya beberapa perbedaan antara waazan dengan mauzun, (b) keaktifan santri dalam belajar, (c) ada perubahan dalam huruf i’lal, (d) susahnya mengingat dalam menghafal, (e) santri malas dan sakit.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Arab
Depositing User: RENDI ALKHAFIDH
Date Deposited: 24 Jun 2021 03:21
Last Modified: 24 Jun 2021 03:21
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/21655

Actions (login required)

View Item View Item