Pengembangan e-Magazine pada materi larutan asam dan basa untuk siswa kelas XI MIPA di SMAN 1 kota Jambi

Putri, Rifanny Rizka Pengembangan e-Magazine pada materi larutan asam dan basa untuk siswa kelas XI MIPA di SMAN 1 kota Jambi. Research and Development of e-Magazine. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
RSA1C113003-ARTIKEL.pdf

Download (718kB) | Preview

Abstract

Ilmu kimia terbagi ke dalam tiga level representasi, yaitu level makroskopik, submikroskopik, dan simbolik. Salah satu upaya agar siswa mampu menghubungkan ketiga level representasi ialah dengan mengembangkan sumber belajar yang dapat mempertautkan ketiga level representasi tersebut dengan desain yang menarik, yakni e-magazine (Electronic Magazine). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-magazine pada materi larutan asam basa di SMA N 1 kota Jambi dan mengetahui respon siswa kelas XI MIPA terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadaptasi kerangka pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analisis, desain, pengembangan, penerapan dan evaluasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian e-magazine menurut ahli media, ahli materi, dan penilaian guru masing-masing diperoleh rerata skor jawaban sebesar 4,53 (sangat baik); 4,86 (sangat baik); dan 4,1 (baik) selanjutnya persentase skor respon siswa diperoleh sebesar 91,64 % (sangat baik). Berdasarkan proses pengembangan secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa e-Magazine ini dikembangkan dengan menggunakan kerangka pengembangan ADDIE, yang terdiri dari tahapan analisis, desain, pengembangan, penerapan, evaluasi dan berdasarkan respon siswa kelas XI MIPA, e-Magazine ini sangat baik digunakan sebagai sumber belajar.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: RIFANNY RIZKA PUTRI
Date Deposited: 12 Oct 2017 01:30
Last Modified: 12 Oct 2017 01:30
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2168

Actions (login required)

View Item View Item