Nurhayati, Sefti (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ZOOM MEETING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMA NEGERI 10 TANJUNG JABUNG BARAT. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (242kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (38kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (448kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI, GAMBA, TABEL, LAMPIRAN.pdf Download (62kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (170kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (38kB) |
Abstract
media pembelajaran Zoom Meeting dibandingkan media pembelajraan WhatsApp pada mata pelajaran ekonomi kelas XI SMA Negeri 10 Tanjung Jabung Barat. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian eksperimen, dan jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental Design. Rancangan yang digunakan addalah Control Group Pretest-Postest Design. Dengan populasi penelitian kelas XI IPS SMA Negeri 10 Tanjung Jabung barat yang berjumlah 75 siswa, dengan sempel kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dna XI IPS 3 sebagai kelas control. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil tes soal postest untuk mengetahui hasil belajar siswa maka diperoleh rata-rata nialai kelas eksperimen mean (skor rata-rata) = 80,83 median (skor tengah) = 80 modus (skor yang sering muncul) = 73,3 range = 30 simpangan baku = 8,68 banyak kelas = 5 panajang interval = 5 varians = 75,5. Sedangkan untuk data postest kelas control mean (skor rata-rata) = 16,79 median (skor tengah) = 61,65 modus (skor yang sering muncul) = 43,3 range = 66,60 simpangan baku = 15,94 banyak kelas = 5 panajang interval = 12 varians = 254,23. Hal ini diperkuat dengan uji-t dperoleh thitung > tabel (5,296 > 2,0106) yang artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Kesimpulannya terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran Zoom Meeting terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi kelas XI SMA Negeri 10 Tanjung Jabung Barat. Berdasarkan hsil analisis dapat disimpulka nilai yang diperoleh pada kelas eksperimen yang menggunakan mdia pembelajaran Zoom Meeting (80,83) dimana nilai rata-rata leih tinggi dibandingkan dengan siswa kelas kontorl yang diajarkan menggunakan media pembelajaran WhatsApp (61,69). Dengan hasil uji t-test yang diperoleh hasil koofesian thitung > ttabel (5,296 > 2,0106). Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh hasil belajar siswa yang signifikan anatara kelas,
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | SEFTI NURHAYATI |
Date Deposited: | 24 Jun 2021 02:29 |
Last Modified: | 24 Jun 2021 02:29 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/21698 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |