Ratika, Alda (2021) STUDI LITERATUR HUBUNGAN KECANDUAN BERMAIN GAME ONLINE DENGAN PRESTASI BELAJAR ANAK. S1 thesis, univesitas jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI LENGKAP ALDA.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (41kB) |
![]() |
Text
halaman persetujuan dan pengesahan.pdf Download (223kB) |
![]() |
Text
ABSTRACT.pdf Download (37kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (111kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (37kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (116kB) |
Abstract
Latar Belakang: Game online merupakan bentuk permainan yang memanfaatkan media internet dengan menggunakan aplikasi atau server tertentu. Sebuah penelitian yang dilakukan di Australia melaporkan bahwa kecanduan game online lebih banyak terjadi pada anak-anak yaitu sebanyak 76 % dari penduduk yang bermain game. Game online dapat menyebabkan kecanduan pada anak sehingga dapat berpengaruh pada prestasi belajar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecanduan bermain game online dengan prestasi belajar anak. Metode: Penelitian ini merupakan studi literatur dengan pencarian artikel menggunakan database Researchgate, Pubmed, dan Google Scholar untuk menemukan artikel sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Kata kunci yang digunakan dalam pencarian literatur ini antara lain kecanduan game online, prestasi belajar dan online game addiction and academic achievement. Hasil: Berdasarkan analisis 11 artikel, 8 artikel diantaranya memiliki hasil terdapat hubungan kecanduan bermain game online dengan prestasi belajar anak. Hubungan yang didapatkan yaitu semakin tinggi kecanduan individu bermain game online maka semakin rendah prestasi yang didapatkannya. Kesimpulan: Kecanduan bermain game online akan mempengaruhi prestasi belajar anak, sehingga perlunya peran dari perawat untuk memberikan edukasi pada orang tua dan anak tentang dampak yang ditimbulkan dari kecanduan game online. Kata Kunci: Kecanduan Game Online, Prestasi Belajar. Background: Online game is a form of game that utilizes internet media by using certain applications or servers. A study conducted in Australia reported that addiction was online game more prevalent in children, as many as 76% of the population who played games. Online games can cause addiction in children so that it can affect their learning achievement. This study aims to determine the relationship between addiction to playing online games and children's learning achievement. Methods: This study is a literature study with article searches using the databases Researchgate, Pubmed, and Google Scholar to find articles that match the inclusion and exclusion criteria. Keywords used in this literature search include addiction online game, learning achievement and online game addiction and academic achievement. Results: Based on the analysis of 11 articles, 8 of them have a result that there is a relationship between addiction to playing online games and children's learning achievement. The relationship obtained is that the higher an individual's addiction to playing online games, the lower the achievement he gets. Conclusion: Addiction to playing online games will affect children's learning achievement, so the role of nurses is needed to provide education to parents and children about the impact of addiction online game. Keywords: Online Game Addiction, Academic Achievement.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | ALDA RATIKA |
Date Deposited: | 24 Jun 2021 06:36 |
Last Modified: | 24 Jun 2021 06:36 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/21717 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |