Sakinah, Nurul (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline dengan Orientasi Chemo-Entrepreneurship pada Materi Koloid. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
cover pdf.pdf Download (30kB) |
![]() |
Text
halaman pengesahan.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (179kB) |
![]() |
Text
BAB I elista.pdf Download (134kB) |
![]() |
Text
BAB V elista.pdf Download (88kB) |
Abstract
Pada bidang pembelajaran kimia memerlukan adanya pembelajaran yang menarik, memupuk daya kreasi, inovasi siswa, serta tidak monoton. Selain itu, diperlukan pula pembelajaran kimia yang mampu memotivasi siswa untuk berwirausaha mengingat tingginya angka pengangguran lulusan SMA. Pendekatan Chemo-Entrepreneurship merupakan suatu pendekatan pembelajaran kimia yang kontekstual, yaitu pendekatan yang mengaitkan materi dengan obyek nyata. Selain memperoleh materi pelajaran, siswa juga memiliki kesempatan untuk mempelajari proses pengolahan suatu bahan menjadi suatu produk yang bermanfaat, bernilai ekonomi, dan menumbuhkan semangat berwirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif menggunakan Articulate Storyline dengan orientasi Chemo-Entrepreneurship pada materi koloid dan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif berdasarkan tim ahli, penilaian guru, dan respon peserta didik kelas XI MIA MAN 3 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan Hannafin dan Peck yang terdiri dari tiga fase yaitu analisis kebutuhan, desain, pengembangan dan implementasi dimana setiap tahap melibatkan evaluasi dan revisi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar wawancara dan angket. Produk hasil dari pengembangan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media serta dinilai oleh guru yang selanjutnya diujicobakan pada kelompok kecil. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif (komentar dan saran) dan analisis data kuantitatif (rata-rata skor jawaban dan persentase). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penilaian ahli materi dan ahli media terhadap Media Pembelajaran Interaktif menggunakan Articulate Storyline dengan Orientasi Chemo-Entrepreneurship pada Materi Koloid memberikan penilaian dengan kriteria “Sangat Baik” dan dinyatakan “Layak” untuk dilakukan uji coba. Media pembelajaran interaktif ini juga mendapat penilaian dengan kriteria “Sangat Baik” dari guru mata pelajaran kimia dan respon dari peserta didik dengan rerata skor 4,67 dengan kriteria “Sangat Baik”, serta mendapatkan respon “sangat baik” oleh peserta didik dengan persentase 89,87% . Berdasarkan proses pengembangan dan hasil penelitian disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif menggunakan Articulate Storyline dengan orientasi Chemo-Entrepreneurship pada materi koloid ini sangat baik dan layak untuk digunakan sebagai salah satu media pembelajaran atau alat bantu pada pembelajaran materi koloid.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | NURUL SAKINAH |
Date Deposited: | 24 Jun 2021 07:01 |
Last Modified: | 24 Jun 2021 07:01 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/21736 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |