Lestari, Asni Dwi (2017) PENGARUH PERSEPSI ANGGOTA TENTANG PELAYANAN PENGURUS DAN PENGETAHUAN KOPERASI TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA PADA KOPERASI WAJAR DINAS PENDIDIKAN KOTA JAMBI. Pendidikan Ekonomi. (In Press)
|
Text
Artikel - A1A113006.pdf Download (171kB) | Preview |
Abstract
Loyalitas Anggota merupakan sikap kesetiaan anggota terhadap koperasi yang ditunjukkan melalui sikap anggota sebagai pelanggan koperasi yang melakukan kegiatan ekonomi dikoperasi tidak kurang dari dua kali. Faktor–faktor yang mempengaruhi loyalitas anggota diantaranya persepsi anggota tentang pelayanan dan pengetahuan koperasi. Anggota yan memeiliki persepsi yan positif dan pengetahuan yang baik, akan menimbulkan sikap loyal pada koperasi. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh persepsi anggota tentang pelayanan pengurus terhadap loyalitas anggota pada koperasi pegawai wajar dinas pendidikan kota Jambi, 2) Untuk mengetahui pengaruh pengetahuan koperasi terhadap loyalitas anggota pada koperasi pegawai wajar dinas pendidikan kota Jambi, 3)Untuk mengetahui pengaruh persepsi anggota tentang pelayanan pengurus dan pengetahuan koperasi terhadap loyalitas anggota pada koperasi pegawai wajar dinas pendidikan kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan bentuk asosiatif kausal. Objek dalam penelitian ini adalah anggota koperasi pegawai wajar dinas pendidikan kota Jambi. Populasi berjumlah 1517 anggota, dan 68 anggota dijadikan sampel. Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data berupa angket yang terdiri dari 20 item untuk persepsi anggota, 22 item untuk pengetahuan koperasi dan 18 item untuk loyalitas anggota. Dari hasil analisis data menjelaskan bahwa: 1) Tidak terdapat pengaruh persepsi anggota tentang pelayanan pengurus terhadap loyalitas anggota pada koperasi pegawai wajar dinas pendidikan kota Jambi. Ini ditunjukan dengan nilai signifikasi 0.671 >0.05; 2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pengetahuan koperasi terhadap loyalitas anggota pada koperasi pegawai wajar dinas pendidikan kota Jambi. Ini ditunjukan dengan nilai signifikasi 0.010 < 0.05; 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi anggota tentang pelayanan pengurus dan pengetahuan koperasi terhadap loyalitas anggota pada koperasi pegawai wajar dinas pendidikan kota Jambi. Ini ditunjukan dengan nilai signifikasi 0.032 < 0.05. Berdasarkan penelitian di atas, diharapkan pengurus koperasi dapat memberikan pelayanan yang baik untuk anggota koperasi. Dan pengurus koperasi harus dapat menimbulkan kepedulian anggota terhadap bentuk pelayanan yang diberikan. Sehingga pengurus koperasi dapat memaksimalkan pelayanan yang diberikan.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | ASNI DWI LESTARI |
Date Deposited: | 12 Oct 2017 01:30 |
Last Modified: | 12 Oct 2017 01:30 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2181 |
Actions (login required)
View Item |