PENGEMBANGAN e-LKS BERBASIS METAKOGNISI MENGGUNAKAN 3D PAGE FLIP PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT DI KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 MUARO JAMBI

Utami, Resti PENGEMBANGAN e-LKS BERBASIS METAKOGNISI MENGGUNAKAN 3D PAGE FLIP PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT DI KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 MUARO JAMBI. Jurnal Pendidikan Kimia.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL RESTI UTAMI (A1C113024).pdf

Download (527kB) | Preview

Abstract

Metakognisi merupakan salah satu kompetensi inti yang harus dicapai dalam pembelajaran kurikulum 2013 yang meliputi empat jenis ketrampilan metakognisi yaitu; ketrampilan pemecahan masalah (problem solving), pengambilan keputusan (decision making), berpikir kristis (critical thingking), dan berpikir kreatif (creative thingking). Untuk melatih keterampilan metakognisi tersebut penggunaan bahan ajar seperti Lembar Kerja Siswa elektronik (e-LKS) yang berbasis metakognisi tentunya dapat melatih dan menuntun siswa untuk berpikir serta menguasai keterampilan metakognisi tersebut. Penelitian ini bertujuan mengembangkan e-LKS berbasis metakognisi menggunakan 3D PageFlip pada materi Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit Serta mengetahui respon siswa terhadap e-LKS yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadaptasi kerangka pengembangan ADDIE. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara, angket kebutuhan, angket validasi tim ahli, angket penilaian dan angket respon siswa. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh tim ahli (ahli media dan ahli materi), dan dinilai oleh guru selanjutnya diujicobakan pada kelompok kecil yakni siswa kelas X MIPA SMAN 1 Muaro Jambi. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa penilaian e-LKS berbasis metakognisi menurut ahli media, ahli materi, dan penilaian guru masing-masing diperoleh skor jawaban sebesar 75 (sangat baik); 70 (sangat baik); dan 66 (sangat baik) selanjutnya persentase skor respon siswa diperoleh sebesar 88,4 % (sangat baik). Berdasarkan proses pengembangan mulai dari validasi ahli media dan materi serta hasil penelitian, secara keseluruhan dapat disimpulkan e-LKS berbasis metakognisi ini sangat baik digunakan sebagai media pembelajaran maupun bahan ajar kimia.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: RESTI UTAMI
Date Deposited: 12 Oct 2017 03:34
Last Modified: 12 Oct 2017 03:34
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2184

Actions (login required)

View Item View Item